Sensus Penduduk 2020 Gunakan Metode Digitalisasi

sensus-penduduk-2020-gunakan-metode-digitalisasi

Banda Aceh, (Analisa). Pelaksanaan Sensus Penduduk (SP) pada Februari 2020, sedikit ber­beda dengan sensus penduduk sebe­lumnya (2010). Sensus kali ini akan menggunakan metode digitalisasi, ma­syarakat dapat mengupdate data­nya sendiri di website yang telah di­sediakan.

“Pada bulan Juli 2020, kita akan me­lakukan pendataan metode lain (tra­disional). Karena tidak semua orang bisa mengakses internet,” ujar Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Aceh Wahyuddin saat melakukan au­diensi dengan Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah di rumah dinasnya, di Blang Padang, Banda Aceh, Jumat (23/8).

Wahyuddin mengatakan, untuk menyukseskan sensus tersebut, pi­hak­nya kini gencar melakukan sosia­lisasi kepada seluruh elemen masya­rakat bahwa ada sensus pada tahun 2020. Kepada Plt Gubernur, ia men­jelaskan, BPS ditugaskan pemerintah untuk melaksanakan sensus pendu­duk tahun 2020.

Nantinya, kata dia, data kepen­du­dukan pada tahun 2020 akan digu­na­kan pemerintah sebagai landasan me­ru­muskan kebijakan pembangu­nan.

Plt Gubernur Aceh Nova Irian­syah, menyambut baik rencana BPS Aceh untuk melaksanakan sensus penduduk tahun 2020. Pihaknya, siap memberi dukungan berupa imbauan ke­pada seluruh masyarakat untuk me­nyukseskan program 10 tahunan BPS itu. “Sensus itu memang merupakan kebutuhan semua orang,” ujar Nova Iriansyah. (mhd)

()

Baca Juga

Rekomendasi