Bulog Medan, Siap Salurkan BPNT

bulog-medan-siap-salurkan-bpnt

Medan, (Analisa). Perum Bulog Kantor Cabang (Kacab) Me­dan siap untuk menyalurkan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) mulai September menda­tang bagi 57.553 Keluarga Pene­rima Man­faat (KPM). Hal tersebut, sesuai edaran Ke­mensos RI No. 01/MS/K/07/2019 yang me­nunjuk Perum Bulog sebagai penyalur beras utama bagi Program BPNT.

“Kita, Bulog Cabang Medan sudah siap untuk menyalurkan BPNT sesuai surat edaran. Sejauh ini kita juga sudah melakukan sosialisasi dan berkoordinasi dengan dinas-dinas terkait di wilayah kerja kita sesuai dengan Surat Kemen­sos,”ujar Kepala Bulog Kantor Cabang Medan, Mara Kamin Siregar, Minggu (25/8).

Sebelumnya sebut Mara Kamin Siregar, pihaknya sudah melakukan rapat koordinasi tentang penyaluran BPNT Kota Medan, Kamis (22/8) di gedung Serba Guna Bulog Jalan Gaperta, yang dihadiri  Kepala Perum Bulog Wilayah Sumut, Basirun, Dinas Sosial Kota Medan, Fakhruddin Harahap, perwa­kilan BRI, Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), E-Warong dan Agen Bank wilayah Kota Medan.

Dalam kesempatan tersebut, Mara Kamin Siregar, Dinas Sosial Kota Medan mendu­kung Kantor Perum Bulog Cabang Medan sebagai penyedia Komoditas BPNT. Sebab  program BPNT tersebut berkaitan dengan upaya pemerintah menekan angka Kemis­kinan.

“Selama ini Pemerintah Kota Medan sangat fokus menanggulangi kemiskinan. Berbagai program & kegiatan terus kami lakukan, oleh karena itu, kami tentu mendu­kung penuh Perum Bulog Cabang Medan sebagai penyedia komoditas BPNT,” ujar Mara Kamin Siregar sebagaimana diung­kapkan Sekretaris Dinas Sosial Kota Medan, Fakhruddin Harahap disela-sela rapat koor­dinasi tersebut.

Pemerintah RI telah meluncurkan program BPNT yang akan diterima setiap bulan oleh Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Sesuai dengan edaran Kemensos RI No.01/MS/K/07/2019, KEMENTERIAN Sosial menunjuk Perum Bulog sebagai penyalur beras utama bagi Program Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT).

Dalam kesempatan tersebut dia juga memaparkan, posisi stok beras Perum Bulog Cabang Medan saat ini sebanyak 48.625 ton. Jumlah tersebut setara dengan ketahanan stok selama lebih kurang 6 bulan ke depan.

Tidak hanya sebagai penyalur, Bulog juga dipercaya menjadi manajer suplai yang ber­tugas mengkoordinasi distribusi beras untuk e-Warong &  agen Bank di daerah-dae­­rah, dengan tetap melaksanakan prinsip 6T (tepat sasaran, tepat waktu, tepat harga, tepat jum­lah, tepat kualitas dan tepat ad­ministrasi).

“Bulog Cabang Medan terus aktif me­ning­katkan penyerapan beras petani Sumut. Beras ini selanjutnya disalurkan untuk ke­giatan pasar murah, program BPNT, serta kegiatan  penyaluran dan distribusi beras lain­nya,” ujar Mara Kamin Siregar.

Selain itu, sambung Mara Kamin Siregar, selama ini Perum Bulog Cabang Medan juga turut berupaya menjaga stabilisasi harga beras di wilayah kerjanya meliputi Medan, Binjai, Tebingtinggi, Serdang Bedagai, Deliserdang dan Langkat. Salah satu upaya menjaga stabilitas harga beras ini adalah dengan melakukan operasi pasar secara rutin dan terus menerus, di wilayah kerja Bulog Cabang Medan. (ldi)

()

Baca Juga

Rekomendasi