Pilkades Gelombang III Langkat Digelar

288 Calon Perebutkan 76 Jabatan Kades

288-calon-perebutkan-76-jabatan-kades

Langkat, (Analisa). Sebanyak 288 calon kepala desa (caka­des), bertarung guna memperebutkan 76 jabatan kades yang tersebar di 23 kecamatan se Kabupaten Langkat, pada Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak gelombang III tahun 2019, Kamis (22/8).

Bupati Langkat Terbit Rencana PA bersama sejumlah pimpinan OPD Pemkab Langkat, memantau langsung Pilkades yang digelar secara serentak ditiga lokasi tempat Pemungutan Suara (TPS), yakni di Desa Nambiki Kecamatan Selesai, Desa Padang Cermin Kecamatan Selesai dan Desa Gunung Tinggi Kecamatan Serapit.

Bupati Langkat usai melakukan peman­tauan kepada wartawan, berharap kepada seluruh calon kades dan para pendukungnya, agar melaksanakan proses Pilkades ini, dengan damai sesuai isi deklarasi yang telah diikrarkan sebelumnya.

"Saya minta semuanya semangat untuk siap menang dan kalah. Apapun hasilnya nanti, harus tetap menjaga tali persaudaraan dan kondusivitas daerahnya, " ujar Terbit.

Menurutnya, kemenangan dan kekalahan, sebuah hal yang wajar dalam demokrasi, sebab di antara mereka yang mencalonkan, hanya bagi peraih suara terbanyak yang akan menjadi pemenang. Meskipun harus ada yang kalah, Bupati meyakini, para calon kades sejatinya, adalah putra terbaik di desanya. Selain itu, dengan terlak­sananya kompetisi ini, menunjukkan ter­wujudnya sistem demokrasi yang baik, sesuai yang diamanatkan dalam undang-undang.

 Selanjutnya, bupati mengimbau, kepada yang belum terpilih agar jangan berkecil hati, sebab niat untuk membangun desa tidak harus menjadi kades saja, karena ada banyak jalan yang lain untuk ikut berpartisipasi.

"Bantulah kades terpilih untuk mem­bangun desa, karena desa kita tak akan bisa dimajukan oleh seorang kades, tanpa bantuan masyarakat desanya," pesannya.

 Sedang kepada yang terpilih, sambung bupati, jangan terlalu berbangga hati, apalagi sampai meremehkan mereka yang gugur. Karena setelah dilantik nanti, ada banyak tugas yang harus diselesaikan, yakni fokus membangun desa sesuai visi dan misinya.

"Bekerjalah dengan baik, jangan khianati amanah warga desa. Ingat profesi Kades tanggungjawabnya bukan saja di dunia, namun juga akan di pertagungjawabkan sampai akhirat," pungkasnya. (hpg)

()

Baca Juga

Rekomendasi