Ketegangan Meningkat dengan Jepang

Korsel Gelar Latihan Militer

korsel-gelar-latihan-militer

Seoul, (Analisa). Militer Korea Selatan (Korsel) akan mengelar latihan dua hari di sekitar pulau kecil yang juga di­klaim oleh Jepang, menurut Kantor Berita Yonhap, Minggu (25/8), hanya beberapa hari se­telah Seoul memutuskan untuk membatalkan pakta intelijen ber­sama dengan Tokyo saat hubu­ngan keduanya bergejolak.

Tokyo dan Seoul telah lama ber­selisih mengenai kedaulatan atas gugusan pulau yang disebut Takeshima dalam bahasa Jepang dan Dokdo dalam bahasa Korea. Gugusan pulau itu terletak sekitar setengah jalan antara te­tangga Asia Timur di Laut Jepang, yang disebut Seoul sebagai Laut Timur.

Menurut Yonhap, latihan di­ren­canakan dimulai pada Minggu dan mungkin meningkatkan ke­tegangan antara kedua tetangga tersebut.

Korea Selatan pada Kamis mengumumkan pembatalan pak­ta intelijen bersama dengan Je­pang, menuai protes langsung dari Tokyo sekaligus memperkeruh seng­keta puluhan tahun tentang sejarah, yang berimbas pada perdagangan dan melemahkan kerja sama atas Korea Utara.

Hubungan antara Korsel dan Jepang mulai memanas akhir tahun lalu menyusul pertikaian diplomatik atas kompensasi pe­kerja paksa masa perang selama pendudukan Jepang di Korea. (Ant/Rtr)

()

Baca Juga

Rekomendasi