Wartawan Meksiko Ditemukan Tewas Penuh Luka

wartawan-meksiko-ditemukan-tewas-penuh-luka

Mexico City, (Analisa). Pemimpin portal media online ditemukan tewas dengan luka tu­suk di Tejupilco, Mek­siko. Korban teridentifikasi atas nama Con­des Jaramillo (42) yang merupakan pim­pinan situs berita lokal dan penyiar radio.

Pembunuhan terhadap Jara­millo merupa­kan yang kesepuluh kalinya yang dialami wartawan tahun ini. Dilansir AFP, Minggu (25/8), Jaramillo ditemukan tewas Sabtu pagi waktu setempat. "Mayat ditemukan Sab­tu pa­gi... menun­juk­­kan luka-luka akibat ben­da tajam," kata Jaksa Penuntut kota Tejupilco dalam kete­rangan­nya, Minggu (25/8).

Organisasi pengawas media, Reporters Without Borders (RFS) mengatakan salah satu rekan Jara­millo telah melaporkan ada­nya ancaman yang diterima pada Juni dan November 2018. Jara­millo telah berusaha mencari per­lindungan dari pemerintah.

Tapi upaya tersebut dihentikan karena prosedur birokrasi yang berbelit. RSF sendiri mengatakan Meksiko menjadi negara yang paling berbahaya bagi wartawan setelah Su­riah dan Afghanistan. Termasuk Jara­millo, sudah ada 10 wartawan yang mati dibunuh pada tahun ini.

Wartawan yang menjadi kor­ban pembu­nuhan di Meksiko ter­catat sudah 100 korban sejak tahun 2.000. Wartawan dibunuh de­ngan dugaan terkait pemberitaan per­dagangan narkoba dan korupsi. Banyak kasus pembu­nuhan yang tidak selesai.

Awal bulan lalu, ditemukan juga 19 jena­zah manusia dalam kon­disi menge­naskan ditemukan di wilayah Uruapan, Meksiko. Bela­san orang ini diyakini menjadi korban dari 'perang wilayah' an­tara geng-geng narkoba yang sa­ling bermusuhan.

"Ada perang wilayah antara sel-sel (lokal) dari kelompok kri­minal berbeda. Mereka bertem­pur untuk memperebutkan ken­dali wilayah untuk produksi, dis­tribusi dan kon­sumsi narkoba," sebut ketua jaksa wilayah Michoa­can, Adrian Lopez, dalam konfe­rensi pers. Michoacan merupakan negara bagian yang menjadi lo­kasi Uruapan, seperti dilansir AFP, Jumat (9/8). (Ant/AFP)

()

Baca Juga

Rekomendasi