Audi A1, Crossover Mungil yang Gagah

audi-a1-crossover-mungil-yang-gagah

AUDI akhirnya membuka tabir model terbarunya, A1 Citycarver. Mobil anyar ini mengambil basis A1 sportback. Inilah crossover kecil, yang tampilannya dibuat lebih gagah dengan konsep off-road.

Tak hanya tampilan, spesifikasinya juga mendapat penyesuaian. Ground clearance-nya di-tinggikan 40 mm agar pengguna lebih mudah mengakses kabin. Dampak­nya, visibilitas lebih luas dan mobil bisa melibas jalan dengan beragam kondisi.

Menurut keterangan resmi Audi, ini disebabkan perubahan suspensi dan peng­gu­naan pelek lebih besar, mulai dari 16 inci. Wujudnya gagah dengan sedikit gaya mobil off-road. Masih menggunakan grille berbentuk oktagonal dengan detail honeycomb hitam. Ia berpadu apik dengan sektor penerangan yang sudah berteknologi LED.

Aksen metalik diselipkan pada side skirt, tepian bumper depan dan bawah, kontras dengan tubuhnya yang berwarna terang, serta fender hitam. Di belakang, terpasang stoplamp dynamic. A1 Citycarver mem­punyai sembilan pilihan kelir eksterior. Ada pula opsi dual-tone dengan atap mythos black metallic dan manhattan gray metallic.

Kabinnya dimaksimalkan. Memiliki kemampuan menampung barang hingga 335 liter. Kemudian interiornya disuguhkan dalam empat level: basic, advanced, design selection dan S-line.

Varian dasar punya aksen kelir mint, tembaga, oranye dan silver-gray pada lubang ventilasi, konsol tengah dan sisi pintu. Perangkat entertainment-nya didu­kung layar sentuh 10,1 inci, dilengkapi navigasi MMI. Ia bisa dikontrol pakai perangkat suara.

Menariknya, peta terintegrasi dengan Google Earth, sehingga dapat menam­pilkan informasi lalu lintas, parkir dan Wi-Fi hotspot. Keluaran suara diperkuat bang & olufsen 3D premium sound system.

Varian tertinggi, S-line mengizinkan konsumen memilih pelapis jok dalam kain/kulit sintetis (alcantara). Eksterior juga mendapatkan tambahan berupa sistem bantuan seperti cruise control adaptif, park assist, Audi pre-sense front dan lane departure warning. Sementara desain selection meliputi pemilihan pencahayaan kabin.

Paket performa dynamic juga disediakan untuk konsumen yang ingin meningkatkan kemampuan. Ini meliputi rem cakram dengan kaliper merah sporty, sistem drive select, actuator suara dan suspensi dengan bamper yang bisa disetel. Mode berkendara Audi drive select memiliki empat pilihan: auto, dynamic, efficiency dan individual.

Sayangnya Audi tak membuka spesi­fikasi jantung mekanisnya. Bila melihat basisnya A1 sportback, kemungkinan ia memakai 1,4 liter empat silinder turbo yang menghasilkan 202 PS. A1 Citycarver baru bisa dipesan pada awal Agustusdan unit dikirim awal kuartal tiga di Eropa. (int/oto)

()

Baca Juga

Rekomendasi