OP Belawan Resmikan “Sipariban”

op-belawan-resmikan-sipariban

Medan, (Analisa). Kantor Otoritas Pelabuhan (OP) Utama Belawan me­res­mikan pengunaan aplikasi “Sipariban”, dalam me­mu­dahkan pelayanan sandar kapal di Pelabuhan Belawan.

“Melalui sistem berbasis daring ini, pihak agen kapal tidak perlu lagi secara manual untuk melakukan proses floating sandar kapal,” kata Kepala Kantor OP Utama Be­lawan, Jece Julita Piris, di sela-sela peres­mian layanan, di Hotel Grand Mercure Me­dan, baru-baru ini.

Artinya dengan layanan ini, juga me­nghemat waktu satu kali 24 jam dari pe­nen­tuan jadwal sandar kapal yang selama ini dijalankan. Lang­kah ini juga terintegrasi de­ngan layanan Inaport.net, yang meru­pakan aplikasi kemudahan dalam sistem bongkar muat barang kapal.

Disebutkan, saat ini di Pe­labuhan Be­la­wan untuk per­mohonan izin sandar kapal sedikitnya ada 19 perha­rinya. “Tentunya dengan sistem la­yanan Sipariban se­cara oto­moatis mengatur tentang pe­nentuan wak­tu, tempat sandar kapal,” tam­bahnya.

Jece berharap aplikasi online berbasis 4.0 ini, ber­guna untuk mengurangi tatap muka antara petugas dengan pihak agen kapal.

Sehingga mencegah munculnya pungli ataupun gratifikasi terhadap petugas di la­pangan.

Sebelumnya, secara sim­bolis layanan Sipariban ini ditandai dengan penekanan tom­­bol sirine oleh Kepala Kantor Syah­bandar Pe­la­bu­han Utama Belawan, Sugeng, dan dimeriahkan hi­buran dan lomba swafoto layanan Sipariban.

Pada kesempatan itu, Su­geng meyakini layanan ini lebih bersifat ekonomis, lebih cepat, dalam memberikan kemudahan infor­masi tentang ka­pal yang sandar, termasuk daftar tunggu, waktu dan estimasi.

“Sehingga OP Belawan mampu mene­rapkan standar nasional dalam pelayanan san­dar kapal yang sekaligus terintegrasi dengan aplikasi layanan lainnya di Pela­buhan Belawan,”pungkas Sugeng. (maa)

()

Baca Juga

Rekomendasi