2019, Guru Besar USU 182 Orang

Rektor USU Kukuhkan Tiga Guru Besar

rektor-usu-kukuhkan-tiga-guru-besar

Medan, (Analisa). Hingga September 2019 jumlah guru besar di USU berkisar 182 dengan rincian 138 guru besar yang berstatus PNS sedangkan 44 guru besar tidak tetap non-PNS, jumlah tersebut ini me­ningkat dari tahun sebelumnya sebanyak 172 orang akibat meninggal dan pensiunnya beberapa guru besar.

Demikian dikatakan, Rektor USU Prof Runtung Sitepu SH MHum dalam sambutannya saat pengukuhan guru besar tetap USU atas nama Prof Dr Arlina Nurbaity Lubis SE MBA dari fakultas ekonomi dan bisnis, Prof Dr Eng Himsar Ambarita ST MT dari fakultas teknik dan Prof Dr Ir Noverita Sprinse Vinolina MP dari fakultas pertanian di Gelanggang Mahasiswa USU, Selasa (10/9).

Dikatakannya sejak awal kepemim­pinan pada 2016, jumlah guru besar USU masih 141 orang jumlah ini me­ningkat pada 2017 dengan penam­bahan 39 guru besar.

"Sehingga jumlah keseluruhan guru besar yang dimiliki USU tahun itu sebesar 180 orang," paparnya sembari menyatakan jumlah ini mengalaminya penurunan pada 2018 yang menjadi 171 orang akibat wafat dan pensiun. Dan kembali meningkat pada 2019.

Para guru besar tersebut bersama staf pengajar lainnya secara rutin melaksanakan tugas tri darma pada 15 fa­kultas dan satu sekolah pascasarjana di lingkungan USU.

"Dengan jumlah guru besar yang mengalami pening­katan ini menjadi kami optimis pe­ringkat USU akan terus meningkat se­cara signifikan dalam berbagai sis­tem perankingan perguruan tinggi, baik skala nasional maupun interna­sional," paparnya.

Saat ini, peringkat yang diraih USU dalam daftar pemeringkatan perguruan tinggi Indonesia versi Kemenristek Dikti USU masuk dalam klaster 1 dan men­duduki peringkat 13. "Kita berha­rap tahun 2020, USU masuk ke dalam peringkat 10 besar Kemenristek Dik­ti," ungkapnya

Selain itu, USU juga naik ke pering­kat delapan untuk perolehan jumlah publikasi ilmiah terindeks skopus pada jajaran perguruan tinggi di Indonesia di luar Lembaga Ilmu Pe­ngetahuan Indonesia (LIPI) .

Se­dangkan dalam database Sinta Indone­sia USU juga naik ke peringkat empat dalam jajaran 100 Top Affilia­tion da­lam penilaian tiga tahun terakhir yakni 2017-2019.

Dalam kesempatan itu tiga guru besar yang dikukuhkan menyam­paikan pidato pengukuhan guru besar tetap USU di mana Prof Dr Arlina Nur­baity Lubis dengan judul

"Tantangan Besar Dunia Pema­saran untuk Menciptakan Loyalitas Konsumen dalam Turbulensi Tek­no­logi dan Perilakunya Konsumen," dilan­jutkan denga pidato Prof Dr Eng Him­sar Ambarita ST MT yang berju­dul " Pemanfaatan Enegi Surya Secara Efektif dan Efisien dengan Teknologi Hibrida Solar Termal dan Photo­volyaik," serta ditutup dengan pidato Prof Dr Ir Noverita Sprinse Vinolina MP yang berjudul "Senyawa Bioaktif Pagangan (Centella Asiatica), Bio­sin­tesis, Produksi dan Pemanfaatannya". (aru)

()

Baca Juga

Rekomendasi