Kualifikasi Piala Dunia 2022

Indonesia Tidak Berdaya Lawan Thailand

indonesia-tidak-berdaya-lawan-thailand

Jakarta, (Analisa). Timnas Indonesia menelan kekala­han kedua di pentas Kua­lifikasi Piala Dunia 2022, se­telah takluk 0-3 dari Thai­land, Selasa (10/9) malam di Sta­di­on Gelora Bung Karno Jakarta.

Di babak pertama Indone­sia masih mampu mengim­bangi Thailand ber­main tanpa gol. Namun di babak kedua, Evan Dimas dan kawan-ka­wan bagai ti­dak berdaya. Thai­land mampu mem­be­rondong tiga kali ga­wang Indonesia lewat Supachok Sara­chat (dua gol) dan penalti Thee­raton Bunmathan.

Kekalahan kedua beruntun setelah takluk dari Malaysia pekan lalu membuat Indonesia terpuruk di posisi terbawah dengan nol poin. Thailand me­muncaki klasemen dengan em­pat poin dari dua laga.

Pelatih Timnas, Simon McMenemy, menilai sebenar­nya timnya sudah ber­main bagus di babak pertama. Beberapa kesalahan fatal yang membuat Indo­nesia kebobo­lan tiga gol di paruh kedua.

"Pertama-tama kami me­mulai dengan mental bagus. Di babak pertama bermain dengan baik. Di awal memang kami mengubah sedikit di lini tengah, supaya mereka tidak bisa bermain banyak di situ," ujar Simon kepada pewarta selepas laga.

"Di babak kedua, kami melakukan kesalahan sendiri membuat kami kalah, frustrasi, ada 3-4 kesalahan individu. Di level internasional, kesa­lahan kecil sangat menyakit­kan. Kami banyak menda­patkan 3-4 peluang, tapi kami tidak bisa mencetak gol," kata Simon menambahkan.

Kecewa

Kekalahan telak 0-3 dari Thailand tentu membuat pe­nonton kecewa. Nya­yian beru­pa ejekan pun dikuman­dangkan terhadap Pelatih Simon McMenemy dan PSSI.

"Mainnya jelek... Mainnya jelek... Tiketnya mahal," seru suporter Indo­nesia berkali-kali yang terdengar nyaring dari arah tribune utara.

Kekecewaan suporter 'Merah Putih' bertambah karena mahalnya harga tiket untuk pertandingan ini.

Tiket Indonesia melawan Thailand dibagi dalam lima kate­gori, yang termurah ada­lah Kategori 3 dengan harga Rp 125 ribu. Lalu Kategori 2 seharga Rp 175 ribu dan Kateg­ori 1 dibanderol Rp 350 ribu. Adapun tiket VIP Timur dihargai Rp 750 ribu. Yang termahal adalah VIP Barat dengan harga Rp 1 juta.

PSSI, yang sudah memperkirakan laga ini sepi peminat, memberi potongan harga 20 persen untuk yang beli lewat aplikasi KitaGaruda. Meski begitu, diskon tersebut tetap saja tidak mampu me­ngatrol animo suporter untuk menonton ke stadion. (dtc)

Hasil lengkap Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia:

Grup A

Guam 1 - 4 Filipina

Maldives 0 - 2 Tiongkok

Grup B

Taiwan 0 - 2 Nepal

Kuwait 0 - 3 Australia

Grup C

Kamboja 0 - 1 Bahrain

Hongkong 0 - 2 Iran

Grup D

Singapura 2 - 1 Palestina

Yaman 0 - 0 Suadi Arabia

Grup E

Afghanistan 1 -  0 Bangladesh

Grup F

Mongolia 0 - 1 Tajikistan

Myanmar  0 - 2 Jepang

Grup G

Indonesia 0 - 3 Thailand

Malaysia 1 - 2  UEA

Grup H

Srilangka 0 - 1 Korut

Turkmenistan 0 -2 Korsel

()

Baca Juga

Rekomendasi