MotoGP San Marino 2019

Misi Bangkit Marquez di Rumah Rossi

misi-bangkit-marquez-di-rumah-rossi

Marino, (Analisa). MotoGP San Marino 2019 akan jadi peluang bangkit Marc Marquez usai jadi pe­cun­dang di dua race terakhir. Bisakah Marc juara lagi di kandang Valentino Rossi?

MotoGP San Marino akan digeber Minggu (15/9). Bala­pan akan berlangsung di Sir­kuit Marco Simoncelli, atau yang dikenal sebagai Sir­kuit Misano. Marc Mar­quez sebagai pe­muncak klasemen sementara menjadi unggulan untuk bala­pan akhir pekan ini. The Baby Alien memiliki rekor mente­reng kala memacu tung­gang­annya di sirkuit sepanjang 4,06 km ini.

Pembalap asal Spanyol itu sudah dua kali finis per­tama di San Marino, yakni pada bala­pan MotoGP tahun 2015 dan 2017. Apabila Marquez berha­sil men­jadi juara di Misano akhir pekan ini, ia akan menya­mai rekor Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo yang berhasil me­nang tiga kali pada kelas utama.

Balapan ini juga menjadi ajang Marquez untuk merebut kembali podium juara, sejak menang di Republik Ceko saat paruh kedua dimulai. Pada dua balapan terakhir di Austria dan Inggris, juara bertahan Mo­to­GP itu harus puas berada di posisi kedua.

Meski demikian, ambisi Marquez untuk kembali finis pertama tidaklah mudah. Alex Rins masih akan jadi salah satu penantang terbesarnya. Belum lagi Andrea Dovizioso, yang adalah juara bertahan di Sirkuit Misano. MotoGP San Marino juga jadi misi comeback Dovi setelah gagal finis di seri ter­akhir. Marquez pun tidak bisa me­mandang sebelah mata kans pebalap Yamaha. Tim Garpu Tala itu masih memegang rekor kemenangan terbanyak di kelas utama MotoGP San Marino dengan enam kemenangan, dis­usul oleh Honda sebanyak empat kali, dan Ducati dua kali.

Sirkuit Misano menjadi tem­pat spesial bagi rider Monster Energy Yamaha, Valen­tino Rossi. Lintasan balap ini adalah 'kandang' The Doctor, me­ngingat lokasi balapan de­ngan kampung halamannya, Tavullia, hanya berjarak 10 km.

Meski musim ini tampil ang­­in-anginan, namun bukan tidak mungkin bagi Rossi un­tuk tampil maksimal di tanah kelahirannya. Rekor oke di Mi­sano, plus balapan di hadapan pendukung fanatik­nya akan jadi motivasi tam­bahan juara dunia sembilan kali itu mema­cu tung­gangannya lebih ken­cang. (dtc)

()

Baca Juga

Rekomendasi