Piala Dunia FIBA

Argentina Capai Semifinal

argentina-capai-semifinal

Dongguan, (Analisa). Argentina jadi tim pertama yang mencapai babak semifinal Piala Dunia FIBA 2019 setelah menyingkirkan Serbia 97-87 dalam laga perempat final di Dongguan, Tiongkok, Se­lasa (10/9).

Hasil itu juga sekaligus me­lanjutkan catatan sapu bersih kemenangan yang telah dibu­kukan Argentina sejak putaran pertama hingga enam pertan­dingan yang sudah mereka ja­lani, demikian laman resmi FI­BA.

Argentina yang tampil per­caya diri sejak lemparan mula sempat memimpin cukup jauh 12-4 menyusul tripoin Luis Scola pada saat pertan­dingan baru berjalan dua menit 18 de­tik.

Sejak itu praktis Argentina lebih banyak berada dalam po­sisi unggul, kecuali saat Serbia membuka kuarter keempat de­ngan tripoin dari Marko Gu­duric yang membuat mereka berbalik unggul 70-68.

Sayangnya, itu juga jadi kali terakhir Serbia memiliki ke­unggulan, sebab Argentina kemudian melejit dan unggul jauh 87-76 lewat layup Scola pada sisa waktu tiga menit 17 detik pertandingan. Upaya keras Serbia untuk mengejar tak banyak mengu­bah keadaan dan Argentina berhasil menutup laga dengan kemenangan cukup meyakin­kan 97-87 atas tim yang pada putaran pertama sempat dila­beli sebagai favorit utama juara turnamen itu.

Catatan statistik pertan­ding­an memang memperlihat­kan Argentina unggul akurasi tem­bakan terbuka 54 persen ber­banding 42 persen milik Ser­bia. Perbedaan yang paling ken­tara jelas ada pada sektor tripoin, Ar­gentina men­capai akurasi 44 persen se­mentara Serbia hanya 29 persen.

 Argentina masih akan me­nanti siapa lawan mereka di se­mifinal, yang baru akan di­­tentukan Rabu (11/9) an­tara Prancis mela­wan juara berta­han dua edisi Amerika Se­rikat. Yang kalah dari laga pe­rempat final tersebut nantinya akan bertemu dengan Ser­bia dalam rangkaian pemering­katan 5-8 pada Kamis (12/9). (Ant)

()

Baca Juga

Rekomendasi