Kualifikasi Piala Eropa 2022

Jerman, Belanda dan Belgia Menang

jerman-belanda-dan-belgia-menang

Belfast, (Analisa). Tim nasional Jerman merebut puncak klasemen Grup C kualifikasi Piala Eropa 2020 setelah berhasil menga­lahkan Irlandia Utara 2-0 dalam lawatan ke Stadion Windsor Park, Belfast, Se­lasa (10/9) dinihari WIB.

Di tempat terpisah, kompeti­ter Jer­man, Belanda juga mencatat ke­menangan telak 4-0 atas tuan rumah Estonia. Setelah main imbang nirgol se­panjang babak pertama, tiga menit usai sepak lanjut Jerman berhasil mem­­buka keunggulan lewat tem­bakan voli Marcel Halstenberg.

Kendati tampil cukup domi­nan se­sudah gol tersebut, Jerman baru bisa menggandakan keung­gu­lannya pada menit kedua masa injury time lewat pe­nyele­saian Serge Gnabry me­nyambut bola sodoran dari Kai Ha­vertz demi memastikan kemena­ngan 2-0 atas Irlandia Utara.

Hasil itu bukan saja jadi momentum kebangkitan sete­lah kekalahan dari Belanda di hadapan publik sen­diri tiga hari lalu, tetapi juga me­ngang­kat posisi Jerman ke puncak kl­a­semen.

Jerman kini mengumpulkan 12 poin setara dengan Irlandia Utara, namun Der Panzer ber­hak bertengger di pucuk berkat keunggulan surplus 11 gol dibandingkan pesaingnya yang cuma punya surplus tiga gol.

Sementara itu, Belanda (9) mem­bayangi di peringkat ketiga usai me­nang telak 4-0 atas tuan rumah Estonia (0). Kendati terpaut tiga poin, Belanda punya simpanan satu laga yang belum dijalani untuk sumber tiga poin yang dibutuh­kan untuk me­nyalip Jerman, kualifikasi Piala Eropa 2020 kembali berlangsung pada pertengahan Oktober nanti.

Empat gol kemenangan Belanda diciptakan Ryan Ba­bel menit ke-17 dan ‘47, Mem­phis Depay ‘76 dan Georginio Wijnaldum menit ke-87.

Belgia

Sementara itu dalam laga di Grup I, Belgia mencatat kemenangan keenam berun­tun setelah menga­lahkan Skot­landia 4-0 di Hamp­den Park, Selasa (10/9 ) dinihari WIB.

Baru sembilan menit laga berja­lan, Romelu Lukaku su­dah mem­ba­wa Belgia me­mimpin. Ia menun­taskan umpan Kevin de Bruyne.

De Bruyne mengkreasi gol lain di menit ke-24, kali ini dicetak Thomas Vermae­len. Toby Alderweireld membuat gol ketiga timnya pada menit ke-32, lagi-lagi meman­faatkan operan De Bruyne.

De Bruyne ikut menca­tatkan na­manya di papan skor, sekaligus me­ngun­ci kemenangan Belgia di menit ke-82. Belgia tercatat punya 15 tem­bakan di partai ini, delapan di anta­ranya on target dan separuhnya men­jadi gol.

Sementara Skotlandia mencatat­kan 10 percobaan, hanya tiga yang me­ngarah ke gawang. Belgia pun me­rang­kai kemenangan keenam se­cara beruntun dan masih sempurna di babak kualifi­kasi.

De Bruyne dkk kukuh di puncak klasemen Grup I dengan 18 poin, tiga poin di depan Rusia yang pada saat bersamaan menang 1-0 atas Kazakhstan. Sementara Skot­landia ada di urutan kelima dengan enam poin. (Ant/dtc)

Grup C

Estonia 0-4 Belanda

Irlandia Utara 0-2 Jerman

Grup E

Hungaria 1-2  Slovania

Grup G

Latvia 0-2 Macedonia

Polandia 0-0 Austria

Slovenia 3-2 Israel

Grup I

Rusia 1-0 Kazakshtan

San Marino 0-4 Cyprus

Skotlandia 0-4 Belgia

()

Baca Juga

Rekomendasi