Bayi Lahir di RSIA

Langsung Dapat Akta Kelahiran

langsung-dapat-akta-kelahiran

Banda Aceh, (Analisa). Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Provinsi Aceh mem­bu­at inovasi baru, yakni setiap bayi yang lahir di rumah sakit tersebut bisa langsung mendapatkan akta kelahiran. Sya­ratnya, sang ibu bayi sudah terlebih dahulu menyi­apkan nama untuk si buah hati yang baru saja lahir.

Direktur RSIA dr. Nyak Rinda mengatakan, inovasi ter­sebut diberikan untuk mempermudah keluarga pasien da­lam mengurus akta kelahiran tanpa harus mengurusnya la­gi di Di­nas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukca­pil) se­tempat.

“Saat pasien yang melahirkan pulang, mereka langsung bisa bawa akta kelahiran anak,” kata Nyak Rinda saat Pem­bekalan Lanjutan Pejabat Struktural dan Pendalaman Buku Kerja oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Aceh, Selasa (10/9).

Nyak Rinda mengatakan, bagi keluarga yang belum pu­nya pilihan nama untuk buah hatinya, pihak rumah sakit juga memberi pilihan nama-nama yang bagus, baik dengan arti yang mulia. Jadinya, orang tua punya waktu memilih nama yang cocok buat si bayi.

Inovasi tersebut mendapat apresiasi dari Pemerintah Aceh. Asisten I Setda Aceh, Dr. M. Jafar, SH M.Hum me­nga­takan, apa yang dilakukan oleh RSIA merupakan inovasi yang membuat jalur urusan kepengurusan doku­men anak menjadi lebih mudah. (mhd)

()

Baca Juga

Rekomendasi