Idaham Narasumber Smart City di Forum PBB

idaham-narasumber-smart-city-di-forum-pbb

Binjai, (Analisa). Walikota Binjai, HM Idaham terpilih menjadi salah satu narasumber forum internasional yang digelar di markas Dewan Hak Asasi Manusia (HAM) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Jenewa, Swiss, Senin (9/9) waktu setempat. Idaham hadir di Jenewa Swiss bersama delegasi peme­rintah Republik Indonesia pada acara side event dalam rangka pencalo­nan Indonesia sebagai Anggota Dewan HAM PBB periode 2020-2022.

Terpilihnya Kota Binjai untuk hadir di PBB tentu saja tidak terlepas dari prestasi yang telah dicapai selama ini sebagai kota cerdas tingkat nasional dan kota toleran. Kepada delegasi dari puluhan negara anggota PBB, Idaham menyampaikan tentang smart city dalam kaitannya dengan perlindungan hak asasi manusia, serta pelaksa­naannya di Kota Binjai.

Dalam paparan berbahasa Inggris, Idaham menjelaskan tentang aplikasi smart city di Kota Binjai. Di antaranya e-musrenbang yang merupakan bentuk partisipasi masyarakat dalam perenca­naan pembangunan, e-masyarakat yaitu aplikasi pelaporan masyarakat kepada pemerintah, sehingga peme­rintah tetap hadir melayani masyarakat selama 24 jam.

Dibidang perlindungan perempuan dan keluarga ada program CATIN yaitu program yang bertujuan untuk mem­bantu calon pengantin agar siap mem­bina rumah tangga yang bahagia. Ada juga Si IBAN yaitu pelayanan untuk ibu dan anak. Di mana untuk setiap anak yang lahir di rumah sakit , mak­simal dalam waktu 48 jam setelah lahir akan mendapat akta kelahiran, nomor induk kependudukan, keanggo­taan BPJS dan masuk dalam kartu keluarga.

Idaham menjelaskan semua pro­gram yang dijalankan Pemko Binjai sejalan dengan program nasional, dan juga tujuan pembangunan berkelan­jutan atau sustainable development goals (SDGs) 20-30. “Kami menerap­kan dan memberikan perlindungan hak asasi manusia tidak hanya dalam satu program saja tapi semua program tetap mengedepankan perlindungan terha­dap HAM,” jelas Idaham. (rel/nov)

()

Baca Juga

Rekomendasi