Ribuan Warga Salat Minta Hujan

ribuan-warga-salat-minta-hujan

Pekanbaru, (Analisa). Ribuan warga dan pega­wai pemerintah mema­dati halaman Kantor Gubernur Riau di Pekanbaru untuk melaksanakan Salat Istisqa, Rabu (11/9) guna memohon kepada Allah SWT agar me­nurunkan hujan

Permohonan itu karena wilayah Provinsi Riau masih dilanda keba­karan hutan dan lahan (Karhutla) yang se­makin parah. Na­mun pelak­sanaan salat tersebut tidak dihadiri Gubernur Riau, Syamsuar, yang lebih me­mi­lih menghadiri acara di negara Thailand.

Salat Istisqa dihadiri Wakil Gubernur Riau (Wa­gu­bri), Edy Na­tar Nasution, dan seba­gian besar diikuti Apa­ratur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Peme­rintah Provinsi Riau, tim Satgas Karhutla, dan TNI/Polri.

Wagubri, membenarkan gubernur ada tugas ke Thai­land, sehingga tidak bisa mengikuti Salat Istisqa ber­sama di Kantor Gubernur Riau.

“Ya beliau ada di Jakarta, karena beliau ada tugas juga. Beliau mau ke Thailand juga. Makanya kemarin beliau mendengar aspirasi masya­rakat, kemudian juga dari tokoh agama. Dari masukan-masukan makanya kita meng­gelar Salat Istisqa,” jelas Wagubri.

Edy pada kesempatan itu mengajak warganya melak­sanakan Salat Istisqa berje­maah dengan harapan hujan segera turun dan meredakan kabut asap yang meliputi sebagian wilayah provinsi.

Di tempat terpisah Kepala Biro Humas Fir­daus, menje­laskan, Gubernur Riau Syam­suar, meng­hadiri Per­temuan Tingkat Menteri (PTM) Indonesia Malaysia- Growth Triangle (IMT GT) di Krabi Thailand.

Gubernur diundang seba­gai salah satu anggota de­legasi Indonesia pada per­temuan ting­kat menteri, yang dipimpin langsung Men­ko Perekonomian Dar­min Nasution. Perte­muan dilaksanakan 10-12 Sep­tember 2019.

“Undangan pertemuan IMT-GT dari Kementerian Perekonomian disampaikan 8 Agustus 2019 yang lalu, jadi sudah lama dijad­walkan,” ujar Firduas.

Dijelaskan Firdaus, Gu­bernur diundang pada per­temuan tingkat gubernur yaitu Chief Ministers anda Governors Forum (CMGF) ke-16 pada 12 September 2019 dan seka­ligus men­dampingi Menko Pere­ko­nomian dalam pertemuan tingkat menteri pada 13 September 2019.

Selain Gubernur Riau, sejumlah guber­nur juga diundang pada pertemuan tersebut adalah Gubernur Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu, Kepulauan Riau, Kepulauan Bangka Belitung dan Gubernur Lampung.

Pertemuan IMT-GT sangat penting bagi Riau, pada pertemuan gubernur akan menyampaikan rencana pengoperasian roro Dumai-Malaka. (pbn)

()

Baca Juga

Rekomendasi