AS Tawarkan Kemudahan Beasiswa Anak Aceh

as-tawarkan-kemudahan-beasiswa-anak-aceh

Banda Aceh, (Analisa). Pemerintah Amerika Serikat (AS) menawarkan beasiswa serta kemudahan bagi anak-anak Aceh yang ingin me­nem­puh pendidikan di negeri Paman Sam tersebut. Hal itu terungkap, setelah Konsul Amerika Serikat untuk Indonesia wilayah Sumatera, Guy Margalith melakukan pertemuan dengan Walikota Banda Aceh, Aminullah Usman, Selasa (10/9).

Margalith melalui Staf Ahli Politik dan Ekonomi, Rachma A Jaurinata mengatakan, pihaknya menawarkan edukasi sosial dan informasi tentang ba­­gaimana berkuliah di Amerika Seri­kat hingga beasiswa dan distribusi pendaftarannya.

"Di Banda Aceh sendiri kami telah menyediakan USA Education Center, di Universitas Islam Negeri (UIN) Ar Raniry bersama miss Lilis," ujar Rach­ma A Jaurinata.

Walikota menyambut baik tawaran ter­sebut. Kunjungan Konsul AS ke Ban­da Aceh merupakan bagian dari rangkaian perayaan HUT ke-70 hubu­ngan kerja sama AS dengan Indonesia. Margalith, konsul muda yang baru saja ditugaskan di Indonesia itu mengaku ter­kesan ketika pertama kali tiba di Kota Banda Aceh.

"Saya memang bukan diplomat per­ta­ma yang datang ke sini, namun saya sangat terkesan dengan kebersihan kotanya. Di sepanjang jalan saya hampir tak melihat sampah, bahkan keindahan pa­norama alam, keramahan serta ke­unikan yang ditunjukkan Banda Aceh sangat menarik," ujarnya.

Dalam bincang-bincangnya, Ami­nul­lah menyampaikan terima kasihnya atas kedatangan Konsul AS tersebut. Sekilas Walikota juga memaparkan tentang Kutaraja mulai tentang perkem­bangan kota, destinasi wisata dan kuliner hingga peluang investasi yang bisa dikembangkan di Banda Aceh.

"Kita juga punya sektor wisata yang sangat menarik, seperti Masjid Raya Baiturrahman, Museum Tsunami dan lainnya yang sudah menjadi ikon Aceh sendiri. Kulinernya yang khas juga cu­kup memanjakan lidah," ujar Aminul­lah.

Pihaknya membuka peluang sebe­sar-besarnya kepada investor, serta ke­mu­dahan dalam urusan berinvestasi di kota ini. Pemko bertekad menekan ang­ka kemiskinan dan pengangguran di Kota Banda Aceh, salah satunya dengan men­datangkan investor serta membe­rikan kemudahan dalam berbagai urusan­nya. Kedatangan Guy sendiri dianggap sebagai bentuk perhatian dan dukungan kepada Banda Aceh.

"Kita sudah membahas peluang kerja sama di bidang pendidikan dan infor­masi seputar pelayanan kesehatan. Mere­ka memberikan solusi-solusi yang nan­tinya juga akan ditindaklanjuti mela­lui perwakilan mereka di sini," ujar Aminullah.

Hadir dalam pertemuan tersebut, Asisten Pemerintahan, Keistimewaan dan Kesejahteraan Rakyat Faisal, Staf Ahli Bidang Keistimewaan, Kema­syara­katan dan Sumber Daya Manusia Rizal Junaedi, Kabag Humas Taufik Alam­syah, Kabag Pembangunan, Am­biya dan sejumlah SKPK lainnya. (irn)

()

Baca Juga

Rekomendasi