Duterte: Xi Tawarkan Perjanjian Gas

duterte-xi-tawarkan-perjanjian-gas

Manila, (Analisa). Presiden Filipina Rodrigo Duterte mengatakan rekan seja­wat­nya dari Tiongkok telah menawarkan kepada Manila saham dalam usaha patungan di sektor energi di Laut Tiongkok  Selatan (LTS)  jika dia mengabai­kan keputusan arbitrase internas­ional yang tidak sejalan dengan Beijing.

Duterte mengatakan Presiden Tiongkok  Xi Jinping mengatakan kepadanya dalam pertemuan baru-baru ini bahwa jika dia me­ngabaikan fatwa Mahkamah Tetap Arbitrase (PCA)  2016, Tiongkok  akan sepakat menjadi mitra yunior dalam sebuah usaha pa­tungan untuk mengembangkan deposit gas di Reed Bank, yang terletak dalam Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Filipina.

"Abaikan fatwa aribitrase itu," kata Duterte yang dikutip warta­wan Selasa malam dalam kete­rang­annya yang dikeluarkan kantornya pada Rabu (11/9).

"Singkirkan klaim Anda," kata dia, mengutip Xi. "Kemudian izinkan siapa saja terkait dengan perusahaan-perusahaan Tiong­kok. Mereka ingin melakukan eksplorasi. Kalau ada sesuatu, kata mereka, kami akan cukup murah hati memberi Anda 60 persen, hanya 40 persen akan jadi saham mereka, Itulah janji Xi Jinping."

Kementerian Luar Negeri dan Kedutaan Besar Tiongkok  di Manila belum segera me­nanggapi permintaan untuk memberikan komentar atas keterangan Duterte tersebut.

PCA di Den Haag mengklari­fikasi tapal batas maritim dan hak-hak berdaulat Filipina, menia­dakan klaim-klaim Tiong­kok  di hampir semua ka­wasan LTS. Tiongkok  tidak mengakui keputusan tersebut.

Duterte telah berusaha untuk men­jalin hubungan erat dengan Xi, dengan harapan meraih miliaran dolar untuk penanaman modal, menghin­darkan diri dari menen­tang Tiongkok  atas akti­vitas-aktivitas di LTS, termasuk pulau-pulau buatannya yang dijadikan fasi­litas militer. (Ant/Rtr)

()

Baca Juga

Rekomendasi