Pada Peringatan 11 September

Kedubes AS di Kabul Dihantam Roket

kedubes-as-di-kabul-dihantam-roket

Kabul, (Analisa). Sebuah roket meledak di Kedubes AS di Afghanistan, Rabu (11/9) bertepatan dengan  peringat­an  serangan  11 September  terhadap Amerika Serikat (AS), tapi para pejabat di kompleks itiu menyatakan semuanya terkendali sekitar sejam kemudian dan tidak ada laporan  korban luka.

Gumpalan asap mengepul di lingkungan Wazir Akbar Khan tak lama setelah tengah malam dan sirene terdengar.

Tidak ada komentar langsung dari pejabat Afghanistan. Misi NATO, yang berada di dekatnya, juga menga­takan tidak ada perso­nil yang terluka.

"Sebuah roket menghantam tembok di kementerian perta­hanan, tanpa ada korban," kata jurubicara kementerian dalam negeri, Nosrat Rahimi, seperti dilaporkan AFP.

Serangan itu terjadi tepat setelah tengah malam. Itu meru­pakan serangan pertama yang melanda ibukota Afghanistan sejak Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengu­mumkan pembica­raan dengan Taliban  dengan tujuan menarik pasukan AS. Trump  membatalkan pembica­raan de­ngan Taliban pada akhir pekan lalu.

Pada Selasa (10/9), pemberon­tak berjanji akan terus berperang dan memperingatkan bahwa AS akan menyesal karena membatal­kan negosiasi.

Serangan 11 September 2001 yang yang menargetkan warga Amerika, mendorong invasi pimpinan AS ke Afghanistan, yang menggulingkan rezim Taliban.

Pekan lalu, Kabul menjadi lokasi dari dua serangan yang diklaim Taliban, yang mene­waskan lebih  20 orang. (AP/es)

()

Baca Juga

Rekomendasi