Edy Rahmayadi: Sail Nias 2019 Harus Menguntungkan Masyarakat

edy-rahmayadi-sail-nias-2019-harus-menguntungkan-masyarakat

Analisadaily (Nias) - Menjelang puncak Sail Nias 2019 pada 13-14 September 2019, Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi, menginginkan Sumatera Utara jadi tuan rumah yang memberi kenyamanan pada tamu, sehingga meningkatkan kunjungan wisatawan ke ‘Surga Kecil’ ini.

"Keramah tamahan itu perlu, terutama kepada tamu dan wisatawan. Kalau seperti ini ramahnya semua masyarakat Sumut, terutama Nias pasti wisatawan datang lagi, membawa teman atau saudaranya ke sini,” kata Edy Rahmayadi saat memantau kesiapan kegiatan dan penyambutan Presiden RI, Joko Widodo yang dijadwalkan tiba, Jumat (13/9).

“Kalau ramai yang datang masyarakat di sini tentu akan menambah pemasukan masyarakat di sini," ujarnya setelah melihat langsung persiapan Sail Nias di Teluk Dalam, Kamis (12/9).

Pada acara puncak Sail Nias 2019, direncanakan ada 1000 penari yang memeriahkan, ditambah dengan atraksi terjun payung dari Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Telukdalam satu dari lima tempat penyelenggaraan Sail Nias 2019, di antaranya Gunungsitoli, Kabupaten Nias Barat, Kabupaten Nias Utara dan Kabupaten Nias.

Berbagai acara telah dipersiapkan, di antaranya 1000 tenda dan funbike, Festival Budaya Kepulauan Batu dan yang paling difavoritkan Nias Pro International Surfing.

Ada 126 peselancar dari 15 negara yang berkompetisi. Sebanyak 102 peselancar laki-laki dan 24 perempuan akan bersaing menaklukkan ombang pantai Nias Selatan.

Edy berharap semua kegiatan berjalan lancar dan memberikan dampak positif kepada masyarakat, khususnya Nias.

"Apapun ceritanya kegiatan seperti ini yang diuntungkan harus masyarakat. Banyak pendatang, hotel penuh yang berjualan laku, penyedia jasa dapat konsumen, itulah tujuannya. Dan harapannya tentu tidak hanya ketika ada event, tetapi terus berlanjut,” sambungnya.

Menurutnya, ini bentuk promosi berskala internasional, Nias harus lebih terkenal.

Bupati Nias Selatan, Hilarius Duha, optimis kegiatan bertaraf internasional ini berdampak positif kepada pariwisata Nias.

"Kami sangat berterima kasih dipilih menjadi tuan rumah acara puncak Sail Nias 2019. Saya optimis ini akan berdampak positif kepada masyarakat Nias khususnya. Saya harap masyarakat Nias bisa jadi tuan rumah yang baik," harapnya.

(REL)

Baca Juga

Rekomendasi