Pemprov Gunakan DTT Rp7 Miliar

pemprov-gunakan-dtt-rp7-miliar

Pekanbaru, (Analisa). Guna meningkatkan pe­na­nganan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang ma­­sih terus terjadi, Pe­me­rintah Riau me­ng­ge­lon­tor­kan ­anggaran sebesar Rp7 mi­liar dari Dana Tak Ter­duga (DTT).

Kepala Badan Pengelola Ke­uangan dan Aset Daerah (BPKAD) Riau, Syahrial Abdi, pegeseran DTT itu, di­­lakukan sejak Pemprov Ri­au menetapkan status siaga Karhutla pada Februari lalu.

"Di APBD murni kami sudah melakukan pergeseran anggaran yang diambil dari DTT untuk mendukung ke­giatan di BPBD, Dinas LHK dan Satpol PP Riau untuk pencegahan Karhutla sesuai kewenangan provinsi. Ka­rena ada pergeseran jadinya di APBD perubahan kami sem­purnakan pe­nem­pa­tannya di sejumlah OPD," ujar Syahrial Abdi, Jumat (13/9).

Disinggung soal anggaran pe­nanganan Karhutla 2020, Syahrial, menjelaskan pe­nam­bahan anggaran sudah dimasukan di KUA-PPAS APBD 2020. Namun untuk angka penambahan anggaran penanganan Karhutla Riau 2020 yang diusulkan di KUA-PPAS, Ia belum bisa memastikan.

"Kemarin pembahasan TAPD dengan Banggar DPRD sudah mencapai ke­sepahaman. Tentunya sangat dimungkinkan masuk dalam penambahan anggaran Kar­hutla 2020. Artinya di OPD yang memiliki ke­wenangan pe­nanganan Karhutla saja yang dianggarkan," jelas Syahrial Abdi.

Lebih jauh dikatakan man­tan Pj Bupati Kampar Ini, selain untuk Karhutla, se­jauh ini sudah Rp12 miliar DTT yang dilakukan per­ge­seran. Anggaran itu ter­ma­suk untuk perbaikan jalan di Kualu Cenaku yang me­ngalami longsor.

"Ada dua item yang akan ka­mi lakukan pergeseran DTT, pertama untuk pe­na­nganan Karhutla, kedua un­tuk jalan di Kualu Cenaku, total seluruhnya Rp12 mi­liar," katanya.

Untuk diketahui, Karhutla di Riau sudah terjadi sejak  Juni 2019. Sedangkan ang­garan untuk penanganan Kar­hutla ini masih kurang termasuk dari anggaran yang ada di APBD murni 2019. Se­lanjutnya untuk tam­ba­hannya Pemprov kembali me­nganggarkan untuk mem­bantu Karhutla, yang me­libatkan seluruh Tim Satgas Karhutla. (pbn)

()

Baca Juga

Rekomendasi