Pameran dan Gelar Dagang Meriahkan Puncak Harganas 2019

pameran-dan-gelar-dagang-meriahkan-puncak-harganas-2019

Analisadaily (Laburan Batu Utara) - Dalam rangka memeriahkan Puncak Peringatan Hari Keluarga Nasional ke -26 tingkat Provinsi Sumatera Utara (Sumut) yang akan dilaksanakan pada Kamis, 5 September 2010, di Lapangan Aek Kota Batu, Kecamatan Na X-IX, Kabupaten Labuhan Batu Utara.

Dirangkaikan dengan kegiatan pameran dan gelar dagang yang menampilkan suguhan stand-stand pameran khas oleh kelompok UPPKS binaan BKKBN, serta kerajinan khas binaan instansi dan lembaga juga dekranasda dari kabupaten dan kota se-Sumut.

Kegiatan ini dihadiri Wakil Bupati Labuhan Batu Utara, Kepala Perwakilan BKKBN Sumut, Kepala Dinas PPKB Sumut, Sekretaris TP PKK Sumut, Para Ketua TP PKK dan Kepala Dinas PPKB Kabupaten/Kota se-Sumut serta unsur Forkopimda dan OPD Pemkab Labuhan Batu Utara peserta pameran dan masyarakat.

Kepala Perwakilan BKKBN Sumut, Temazaro Zega mengungkapkan, pada Peringatan Harganas sangatlah tepat diselenggarakan rangkaian kegiatan pameran dan gelar dagang. Di satu sisi, kegiatan ini merupakan ajang promosi dan upaya membangkitkan kembali semangat untuk menampilkan produk kelompok UPPKS yang menjadi binaan BKKBN.

Di sisi lain, kegiatan ini akan membantu kelompok UPPKS agar dapat berinteraksi, berkumpul dengan kelompok-kelompok usaha ekonomi produktif keluarga atau kelompok usaha ekonomi mikro binaan  kementerian/lembaga, BUMN, BUMD, atau Dekranasda untuk memajukan usaha mereka dengan mempromosikan produk unggulan masing-masing daerah.

Selain itu, akan terjalin komunikasi antarsesama kelompok usaha dengan harapan dapat membangun jaringan pemasaran yang lebih luas dan memiliki daya saing, baik dalam hal kuantitas produksi maupun kualitas produk, serta bagi tuan rumah, selama berlangsungnya kegiatan Harganas diharapkan mampu menggerakkan sektor ekonomi, perhotelan, transportasi, pariwisata, ekonomi kreatif serta promosi daerah Labuhan Batu Utara yang diharapkan untuk dapat lebih dikenal dan diperhitungkan baik dalam regional Sumut hingga tingkat nasional.

"Untuk itu kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Labuhan Batu Utara telah siap dan bersedia sebagai tuan rumah Harganas Provinsi Sumut. Semoga usaha kita dalam membantu memajukan industri kecil dapat memberikan dampak positif bagi perekonomian masyarakat," kata Temazaro, Rabu (4/9).

Wakil Bupati Labura, Dwi Prantara, saat membuka secara resmi pameran gelar dagang mengutarakan bahwa secara empiris pertambahan jumlah penduduk yang sangat besar merupakan suatu kecolongan pemerintah dalam mengantisipasi dampak ledakan penduduk.

Puncak Harganas 2019 (eal)

Puncak Harganas 2019 (eal)

Ledakan penduduk yang tidak terkontrol justru berpengaruh terhadap segala sektor pembangunan. Untuk itu Dwi berharap melalui pelaksanaan Puncak Peringatan Harganas XXVI Provinsi Sumut yang dilaksanakan di Kabupaten Labura, dapat memberikan kontribusi yang nyata terhadap pembangunan keluarga, serta pemberdayaan keluarga demi masyarakat yang sehat dan sejahtera.

"Kami sangat siap menjadi tuan rumah dalam event-event besar seperti Harganas ini, karena kami berharap melalui kegiatan seperti ini dapat menjadi arena promosi daerah serta memberikan pengaruh yang nyata sehingga Labura, Bumi Basimpul Kuat, Babentuk Elok kelak menjadi daerah unggulan dengan kemandirian ekonomi serta sumberdaya manusia yang unggul," tandasnya.

Dalam kegiatan pameran kali ini, selain menampilkan produk-produk unggulan dari kelompok usaha peningkatan pendapatan keluarga sejahtera (uppks) 20 Kabupaten/Kota se-Sumut yang menampilkan berbagai kerajinan khas daerah berupa produk pakaian/bahan baku, jajanan, kerajinan tangan khas daerah masing-masing dan mendirikan tenda-tenda kuliner yang menyediakan berbagai makanan dan cemilan khas dengan harga terjangkau, serta tenda-tenda pelayanan masyarakat dari berbagai lintas sektor.

(EAL)

Baca Juga

Rekomendasi