SD Negeri 014666 Memprihatinkan

sd-negeri-014666-memprihatinkan

RUANG belajar SD Negeri 014666 di Desa Pinanggiripan Kecamatan Air Batu Ka­bupaten Asahan kondisi sangat mem­per­hatinkan. Setetidaknya ada tiga ruang kelas yang rusak parah, mulai dari asbes, kaca jendela hingga meubeler dan lain sebagainya. Bahkan, sejumlah seng sudah jebol.

Menurut informasi kondisi ini sudah cu­kup lama dan belum ada perhatian dari pe­merintah. "Kondisi ini sudah lama, tapi belum ada perhatian," ungkap salah seorang warga yang mengaku anaknya sekolah di SD tersebut, Jumat (6/9). Meskipun kondisinya mempri­hatinkan, namun para siswa dan guru masih terlihat antusias dalam melaksanakan kegiatan be­lajar mengajar (KBM). “Beginilah se­ko­lah kami, untuk mengajar murid kami ha­rus belajar dengan kondisi kelas yang ku­rang memadai,” cetus salah seorang guru kelas yang tidak ingin disebutkan namanya.

Kepala SDN 014666 yang ditemui war­tawan menolak berkomentar. Saidi Purba, orang­tua siswa, mengaku meskipun harus ke­cewa dengan kondisi yang ada, na­mun diri­nya dan juga masyarakat lain te­tap me­nyekolahkan anaknya di sekolah itu. Dia ha­nya bisa berharap agar kepala sekolah, KU­PT Kecamatan Air Batu bisa me­ncari solusi, untuk memperbaiki kondisi ba­ngunan sekolah ter­sebut. "Percuma APBD kita untuk pendidi­kan, tetapi kondisi sekolah seperti ini," ungkapnya.

Saidi juga menyayangkan Dinas Pen­didikan Asahan yang dinilainya tidak fokus dalam pemerataan infrastruktur sekolah. “Bisa dibilang, tidak ada konsep yang ma­tang dalam pembangunan dunia pendidikan khususnya di Kabupeten Asahan," te­gasnya. Seharusnya, Dinas Pendidikan Asa­han setiap tahun melakukan tabulasi data-data se­kolah yang tidak layak. Sehingga diketa­hui mana yang layak dan mana yang tidak layak.

Terpisah Kepala Dinas Pendidikan Asa­han Sofyan Marpaung ketika ditemui war­tawan mengaku belum mengetahui kon­disi tersebut. “Sampai hari ini, belum ada laporan yang kita terima terkait sekolah itu dan kami akan mengeceknya," ungkapnya. (aln)

()

Baca Juga

Rekomendasi