Sumber Dana Boyband Termahal Dunia

sumber-dana-boyband-termahal-dunia

SAAT ini, siapa tak menge­nal BTS, boyband asal Korea Sela­tan ini mampu menarik per­hatian dunia dengan talenta dan visual memukau. BTS sudah ti­dak lagi dipandang hanya seba­gai seoarang ‘idol’ tapi juga inpi­rasi, influencer hingga pahlawan di era modern.

Menjadi salah satu fenomena di dunia saat ini, wajah-wajah personel BTS sudah tidak asing lagi untuk semua orang baik pecinta K-pop sampai non-K-pop. Pengakuan inter­nasional yang diraih BTS tidak hanya melam­bungkan nama, tapi juga penghasilan mereka.

Bersumber dari Forbes, BTS saat ini menempati posisi 43 dalam daftar Forbes Celebrity 100. Daftar ini berisi 100 artis berpendapatan paling tinggi saat ini. BTS berhasil masuk dengan sukses dan meng­hasilkan pen­da­patan kotor $57 juta atau Rp810 miliar selama setahun terakhir.

Tidak sampai di situ, boy­band berang­gotakan RM, Jin, Suga, Jimin, V, dan Jung­kook ini satu-satunya grup band K-pop yang masuk dalam daftar ekslusif tersebut. Super tajir di usia yang masih sangat muda, dari mana saja sesungguhnya sumber kekayaan BTS yang disebut penghasilan tertinggi di dunia versi cermati.com:

1. World Tour

Setelah berhasil menarik per­hatian dunia dengan musik, Big Hit agensi tempat BTS bernaung pun tidak membutuhkan waktu lama mengumumkan world tour pertama BTS pada 2017 ber­judul ‘The Wings Tour’, me­ngun­jungi 17 kota di 10 negara di seluruh dunia dan berhasil menghadirkan 550 ribu penon­ton.

Berikutnya BTS meng­umum­k­an kembali world tour mereka di 2018 bertajuk ‘Love Yourself World Tour’ dan ‘Love Yourself: Speak Yourself’ pada 2019 di di Amerika Utara, Eropa dan Asia. Konser terakhir paling fenomenal adalah di London, Inggris di Wembley Stadium yang berhasil dihadiri lebih dari 120 ribu penggemar selama dua hari.

Bagaimana tidak menjadi sumber peng­hasilan tinggi dari BTS. Set tour Amerika mereka saja sudah menghasilkan sekitar Rp625 miliar, dan belum lagi set tour di benua dan negara lainnya.

2. Penjualan tertinggi

‘Love Youself’ tidak hanya tajuk untuk konser dunia BTS tapi juga judul album mereka. Mengusung konsep series tri­logy dipromosikan bersama world tour berjudul dan tema sama. Kalimat ‘Love Yourself’ seakan menjadi sebuah jargon khusus dari BTS.

Trilogi album tersebut adalah, Love Yourself: Her, Love Yourself: Tear, Love Yourself: Answer. Setiap single masing-masing series album berhasil menempati posisi tinggi di berbagai chart musik inter­nasio­nal seperti Billboard dan Melon Chart. Selain itu, album terakhir mereka ‘Map of the Soul: Persona’ pun berhasil me­mecahkan berbagai prestasi musik di dunia internasional yang tidak pernah bisa diraih sebelumnya oleh K-pop idol group lain.

3. Film dokumentasi

Melalui kesuksesan konser dunia, Big Hit ikut meng­umum­kan film dokumentasi konser untuk mempertahankan euforia kesuksesan konser mereka. Tidak tanggung-tanggung, BTS berhasil melahirkan dua seri film doku­mentasi berjudul ‘Burn The Stage: The Movie’ pada No­vem­ber 2018 dan ‘BTS World Tour: Love Yourself in Seoul’. Kedua kesuk­sesan film ini berhasil menghasilkan keuntu­ngan Rp429 miliar dan yang terbaru ‘Bring The Soul: The Movie’.

4. Iklan

Pada akhir 2018 BTS berhasil meraih angka hingga Rp35,6 miliar sebagai bayaran untuk setiap iklan yang dibintangi. Tentu saja harga ini dikatakan tertinggi yang pernah diraih sebuah idol group.

Menjadi model iklan terpo­pu­ler saat ini, BTS berhasil me­ngalahkan angka dari atlet cantik Kim Yuna yang sebelumnya per­nah menjadi model iklan ter­mahal dengan bayaran 1,4 miliar won atau Rp16 miliar per iklannya.

Dengan ‘power’ yang dimi­liki BTS saat ini di dunia musik internasional, tentu tidak heran BTS berhasil melipatgandakan standar tersebut sebagai bintang iklan termahal di Korea saat ini. Merek terkenal yang pernah dibintangi BTS adalah Lotte Duty Free Korea, LG Korea, Hyundai Korea dan Coca-Cola.

5. Aplikasi online

Pada Juni 2019, Big Hit meluncurkan sebuah bisnis baru dengan BTS sebagai wajah utama aplikasi ini. Aplikasi ini bernama BTS World. Para peng­gemar bisa secara virtual me­man­tau kegiatan BTS secara maksimal, mulai dari jadwal official, informasi terbaru masing-masing anggota hingga berita terbaru mengenai album dan konser.

Baru diluncurkan, aplikasi ini berhasil mencapai peringkat no.1 sebagai aplikasi paling banyak di download di seluruh dunia baik untuk Google Play Store atau App Store milik Apple. Tidak hanya itu, aplikasi lain berbayar lain yang meng­gaet BTS sebagai bintang utama mereka seperti Vlive dan Red Tube juga patut diperhitungkan sebagai salah satu sumber penghasilan dengan nilai tinggi untuk BTS. (rci)

()

Baca Juga

Rekomendasi