Pelabuhan Tongging di Danau Toba Beroperasi Akhir 2020

Pelabuhan Tongging di Danau Toba Beroperasi Akhir 2020
Danau Toba (Analisadaily/Jafar Wijaya)

Analisadaily (Medan) - Guna meningkatkan kunjungan wisatawan ke kawasan Danau Toba, beberapa fasilitas segera dirampungkan untuk menyambut libur Natal dan Tahun Baru. Salah satunya adalah pelabuhan.

Direktur Utama Badan Otorita Pariwisata Danau Toba (BOPDT), Arie Prasetyo mengatakan, saat ini ada sembilan pelabuhan yang ada di kawasan Danau Toba. Termasuk satu pelabuhan baru yang ada di Tongging, Kabupaten Karo.

"Mengenai penyelesaian pelabuhan-pelabuhan di Danau Toba, totalnya ada sembilan, termasuk yang baru di Tongging. Jadi, Tongging ini juga relatif baru diputuskan akan diselesaikan akhir tahun 2020," katanya, Senin (16/12).

Menurut Arie, bukan hanya pelabuhan atau hanya platform pelabuhannya, tetapi juga bangunan-bangunan terminal pelabuhannya akan dibangun baru.

"Nantinya, dalam proses ini akan dikelola secara profesional," ucapnya.

Arie menjelaskan, nantinya guna mempermudah wisatawan untuk mem-booking tiket saat hendak menyebrang menggunakan kapal, akan disiapkan aplikasi.

"Jadi, nanti kalau orang mau menyeberang sudah bisa free booking dan tidak antre lagi. Mereka bisa booking pakai aplikasi," jelasnya.

Adapun sembilan pelabuhan tersebut adalah Ajibata, Ambarita, Tigaras, Simanindo, Balige, Onan Runggu, Muara, Sipanggan, dan Tongging.

Penulis:  Jafar Wijaya
Editor:  Reza Perdana

Baca Juga

Rekomendasi