Perusahaan Didorong Lakukan Gerakan Penanaman Pohon

Perusahaan Didorong Lakukan Gerakan Penanaman Pohon
Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Sarekat Hijau Sumatera Utara, Hendrawan Hasibuan, menanamkan sebuah pohon, Sabtu (11/1) (Analisadaily/Reza Perdana)

Analisadaily.com, Tapanuli Selatan - Setiap tanggal 10 Januari kita selalu diingatkan untuk memperingati hari gerakan pohon sedunia. Pohon mempunyai peranan penting dalam kehidupan manusia, satwa, dan tumbuhan lain di bumi ini.

Di samping pemasok oksigen dan menjaga kesuburan tanah, pohon juga dapat menahan laju air, sehingga air lebih banyak diserap ke dalam tanah. Begitulah beberapa manfaat dari sebatang pohon yang ditanam.

Di hari gerakan pohon sedunia ini, berbagai kalangan mulai pemerhati lingkungan hidup, pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan perusahaan di berbagai daerah di Indonesia, banyak melakukan gerakan penanaman pohon.

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Sarekat Hijau Sumatera Utara, Hendrawan Hasibuan mengatakan, berbeda dengan di daerah Kabupaten Tapanuli Selatan. Belum terlihat gerakan penanaman pohon yang dilakukan.

Seharusnya Pemerintah Daerah Kabupaten Tapanuli Selatan, mendorong berbagai perusahaan yang, pertambangan emas, perkebunan kelapa sawit, perkebunan pinus atau aksia, dan perusahaan lainnya, untuk melakukan secara bersama-sama gerakan penanaman pohon.

"Apalagi saat ini curah hujan yang begitu tinggi, yang selalu menghantui setiap orang akan banjir. Tentu dengan gerakan penanaman pohon, dapat diharapkan untuk meminimalisir longsor dan banjir," kata Hendrawan, Sabtu (11/1).

Disebutkannya juga, Pemkab Tapanuli Selatan sudah selayaknya mengangarkan program setiap tahunnya untuk penanaman pohon di hari gerakan pohon sedunia, bersama seluruh pihak yang berada di Kabupaten Tapanuli Selatan.

"Saya sangat berharap Pemkab Tapanuli Selatan melalui Bupati, mendorong seluruh perusahaan menerapkan penanaman pohon setiap tanggal 10 Januari," ucap Hendrawan.

Hendra, sapaan akrabnya, yang juga pengurus Jaringan Advokasi Masyarakat Marjinal (JAMM) menyerukan agar setiap orang yang berada di Kabupaten Tapanuli Selatan selalu membudidayakan penanaman pohon.

"Karena kita mengetahui banyaknya manfaat pohon yang ditanam, meskipun hanya sebatang pohon," ungkapnya.

Pemkab Tapanuli Selatan juga diharapkan jangan pernah bosan melakukan sosialisasi akan pentingnya menanan pohon dan menyosialisasikan manfaat pohon ke sekolah-sekolah, mulai tingkat SD, SMP, SMA, dan juga kepada masyarakat di desa dan kecamatan.

"Sebab menanam satu pohon, kita dapat menyelamatkan nyawa manusia dan bumi," tandasnya.

Penulis:  Reza Perdana
Editor:  Christison Sondang Pane

Baca Juga

Rekomendasi