Hujan Lebat, Petir Diperkirakan Terjadi di Sumatera Utara

Hujan Lebat, Petir Diperkirakan Terjadi di Sumatera Utara
Kondisi cuaca di Kota Medan, berapa waktu lalu (Analisadaily/Reza Perdana)

Analisadaily.com, Medan - Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I Medan, memperkirakan cuaca hujan disertai petir dan angin kencang masih berpotensi melanda sejumlah wilayah di Sumatera Utara pada Rabu (29/1).

Salah satu prakirawan, Martha Rosefina Manurung mengatakan, BBMKG juga mengeluarkan warning (peringatan) agar mewaspadai dampak yang ditimbulkan hujan lebat seperti genangan air maupun longsor.

"Waspada hujan lebat disertai guntur di pegunungan, lereng timur, dan pantai timur dan lereng barat yang dapat berpotensi mengakibatkan banjir dan longsor," kata Martha.

Dia menyebutkan, hujan lebat disertai petir pada siang hari juga berpeluang terjadi di Stabat, Pematang Raya, Kisaran, Rantau Prapat, Panyabungan, Panguruan, Pematang Siantar, Tanjungbalai, Kota Pinang dan Aek Kanopan.

"Hujan diperkirakan juga terjadi di malam hari, dengan intensitas ringan hingga sedang," terang Martha.

Sementara, untuk wilayah Kota Medan, kondisi cuaca pada hari ini diperkirakan terjadi hujan lokal dengan suhu udara maksimum pada siang hari sekitar 32 derajat celcius.

Data terbaru menunjukkan, update peringatan dini cuaca Sumut, Rabu (29/1) pukul 12.30 WIB masih berpotensi terjadi hujan sedang hingga lebat yang disertai kilat/petir dan angin kencang pada pukul 13.00 WIB di Langkat, Medan, Deli Serdang, Simalungun, Dairi, Samosir, Tobasa, Karo, Sergai, Batubara, Tebing Tinggi, Asahan.

Dan dapat meluas ke Pematang Siantar, Binjai, Humbahas, Pakpak Bharat, Tanjung Balai, Labusel, Taput, Tapteng, Tapsel, Sibolga, Madina dan sekitarnya. Kondisi ini diperkirakan masih akan berlangsung hingga pukul 16.00 WIB.

(JW/CSP)

Baca Juga