Aceh Siap Gelar Rakor KONI se-Sumatera

Aceh Siap Gelar Rakor KONI se-Sumatera
Rapat kesiapan rakor KONI se-Sumatera di Aula KONI Aceh (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Banda Aceh - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Aceh siap melaksanakan rapat koordinasi (rakor) KONI se-Sumatera di Banda Aceh pada 13-14 Maret 2020 yang membahas berbagai regulasi penting tentang Pekan Olahraga Wilayah (Porwil).

Ketua Harian KONI Aceh, Kamaruddin Abubakar yang akrab disapa Abu Razak mengatakan, rakor juga menjadi bagian uji coba persiapan Aceh sebagai tuan rumah Porwil XI/2023 dan PON XXI/2024.

"Kita harapkan panitia yang sudah terbentuk ini, dapat melaksanakan kegiatan sebaik-baiknya dan layanan maksimal kepada peserta dari 9 provinsi se-Sumatera dan juga hadir sejumlah utusan dari KONI Pusat," ujar Kamaruddin Abubakar, Rabu (11/3).

Ketua Panitia Rakor, Teuku Rayuan Sukma menambahkan, KONI Aceh juga sudah menggelar rapat kesiapan pelaksanaan rakor KONI se-Sumatera di aula KONI Aceh.

Rayuan Sukma saat memimpin rapat menyatakan, pihaknya sudah mengangendakan pembahasan penting sejumlah regulasi tentang pelaksanaan Porwil XI se-Sumatera di Provinsi Aceh pada 2023 dalam rakor nanti.

Rayuan menyebutkan, sudah menyusun draf sejumlah regulasi dan peraturan hukum pelaksanaan Porwil untuk dibahas dengan KONI se-Sumatera.

"Draf pembahasan yang kita agendakan untuk mempertegas sejumlah regulasi tentang pelaksanaan Porwil," ujar Rayuan yang juga Wakil Ketua Umum III Bidang Litbang KONI Aceh ini.

Disebutkannya, sejumlah regulasi itu diantaranya menyangkut jumlah cabang olahraga yang dipertandingkan di Porwil XI dan soal mutasi atlet.

"Pembahasan regulasi itu kita agendakan di rakor, agar masalah mutasi atlet di Porwil Bengkulu Oktober tahun lalu agar tidak terulang lagi saat Aceh tuan rumah Porwil," ujar mantan Kadispora Aceh ini.

Selain itu, katanya, penambahan atau pengurangan cabang olahraga yang dipertandingkan di Porwil juga akan dipertegas dan ditetapkan dalam rakor nanti.

Katanya, nanti ada tim kaukus KONI yang bekerja menyusun penambahan, pengurangan cabang olahraga, termasuk regulasi lainnya.

Ditambahkannya, ke depan dari hasil Rakor, tuan rumah Porwil berhak melaksanakan pertandingan semua cabang yang telah ditetapkan.

Semua cabang olahraga yang dipertandingkan di Porwil ada dipertandingkan di PON, karena Porwil juga ajang pra kualifikasi PON (Pra PON).

Dalam rakor nanti, katanya, sudah disusun juga draf yang akan dibahas tentang semua provinsi berhak dipilih sebagai tuan rumah Porwil.

"Kita sudah melakukan berbagai persiapan dan berupaya maksimal pelaksanaan Rakor KONI se-Sumatera di Banda Aceh bisa berjalan lancar dan sukses," pungkasnya.

(MHD/EAL)

Baca Juga

Rekomendasi