Pemerintah Aceh Bagikan APD dan Masker untuk RSUD

Pemerintah Aceh Bagikan APD dan Masker untuk RSUD
Juru Bicara Covid-19 Pemerintah Aceh, Saifullah Abdulgani. (Analisadaily/Muhammad Saman)

Analisadaily.com, Banda Aceh - Pemerintah Aceh mendistribusikan sebanyak 336 set Alat Pelindung Diri (APD) berupa baju anti infeksi bagi tenaga medis, yang populer dengan sebutan baju asronot dan 42 ribu lembar masker kepada 29 Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) yang tersebar di 23 kabupaten/kota dalam provinsi itu.

APD untuk pelindung dari COVID-19 tersebut dari Pemerintah Aceh dan bantuan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Juru Bicara COVID-19 Pemerintah Aceh, Saifullah Abdulgani mengatakan, Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin (RSUDZA) Banda Aceh sebagai rumah sakit rujukan utama COVID-19 mendapat 50 set baju anti infeksi dan 10 ribu lembar masker.

Selanjutnya, kata dia, RSUD Cut Mutia Lhokseumawe mendapat 50 set baju dan 5.000 lembar masker. Sedangkan 11 RS lainnya yang sedang dipersiapkan sebagai RS rujukan mendapat masing-masing 12 set baju dan 1.000 lembar masker.

Ke-11 RS persiapan itu, meliputi RSUD Meuraxa Banda Aceh, RSUD Tgk Chik Di Tiro Pidie, RSUD dr Fauziah Bireuen, RSUD Langsa, RSUD Datu Beru Takengon, RSUD Sultan Iskandar Muda Nagan Raya, RSUD Teungku Peukan Abdya, RSUD Zubir Mahmud Aceh Timur.

Selanjutnya, RSUD Ali Kasim Gayo Lues, RSUD H Sahuddin Aceh Tenggara, dan RSUD Yulidin Away Aceh Selatan. Sisanya didistribusikan kepada 16 RSUD baik yang berada di Banda Aceh maupun di kabupaten/kota.

“Kita distribusikan secara proporsional sesuai dengan data dan estimasi beban pelayanaan masing-masing RS,” kata Saifullah.

Jumlah ODP Tambah

Sementara itu, jumlah orang dalam pemantauan (ODP) Covid-19 di Aceh bertambah lagi sebanyak 23 orang dibandingkan data Selasa (24/3) pukul 15.00 Wib. Kemarin ODP berjumlah 193 orang dan hingga pukul 16.00 Wib, Rabu (25/3) menjadi 216 orang.

"Hal ini terjadi karena bertambahnya orang Aceh yang kembali dari daerah penularan lokal maupun daerah transmisi di luar negeri," jelas Saifullah.

Sementara pasien dalam pengawasan (PDP), tambah SAG, jumlahnya masih sebanyak enam orang. 5 PDP dirawat di RICU RSUDZA Banda Aceh, dan 1 PDP lainnya dirawat du RSUD Cut Mutia Lhokseumawe.

Ditanya tentang hasil uji spesimen PDP berinisial AA (56 tahun), yang meninggal dunia di RICU RSUDZA Banda Aceh, dua hari sebelumnya, SAG mengatakan pihaknya belum menerima hasil uji laboratoriumnya.

Tim Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) di Aceh belum memperoleh hasil pemeriksaan dari Badan Penelitian dan Pengembangankes (Balitbangkes) RI di Jakarta.

Jubir Covid-19 Pemerintah Aceh ini membantah hasil laboratorium PDP AA itu sudah ada dan positif Covid-19, seperti isi WhatsApp yang berseliweran sejak Rabu (25/3) siang.

"Kami belum terima hasil analisis laboratorium, dan status almarhum AA itu masih PDP. Kami belum bisa disimpulkan positif atau negatif Covid-19," tegas SAG.

Pihaknya tidak tahu asal-usul isu yang beredar itu. "Bila tidak jelas sumbernya anggap saja hoaks, dan jangan panik," pungkasnya.

(MHD/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi