Jantho Sport Center Jadi Tempat Isolasi ODP di Aceh Besar

Jantho Sport Center Jadi Tempat Isolasi ODP di Aceh Besar
Jantho Sport Center (Analisadaily/Muhammad Saman)

Analisadaily.com, Kota Jantho - Pemkab Aceh Besar menyiapkan Jantho Sport Center (JSC), Kota Jantho, sebagai tempat khusus yang akan digunakan sebagai lokasi untuk isolasi atau karantina Orang Dalam Pemantauan (ODP).

Tempat ini disiapkan sebagai bagian dari upaya untuk pencegahan penyebaran Pandemi Coronavirus Disease (Covid-19), selain melakukan penyemprotan disinfektan secara rutin.

Hal itu disampaikan Bupati Aceh Besar, Mawardi Ali pada rapat kerja dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Aceh Besar, di ruang rapat, lantai II Kantor Bupati setempat, di Kota Jantho, Senin (6/4).

"Untuk sementara, gedung JSC (Jantho Sport Center) akan kita jadikan tempat isolasi bagi mereka yang berstatus ODP, sudah kita siapkan," ujar Mawardi Ali.

Terkait adanya 8 (delapan) pemuda Aceh Besar yang melakukan karantina mandiri di pinggir sungai hutan Desa Jalin, Kota Jantho, Mawardi Ali mengatakan, ia tidak ingin hal ini menjadi isu politis yang terus meluas.

"Kita tidak ingin ini menjadi konsumsi politik, dan kita pun akan menjemput mereka sore ini, akan kita pindahkan ke JSC untuk isolasi," jelasnya.

Delapan pemuda Aceh Besar yang memilih untuk mengisolasikan diri di hutan Jalin, selama 14 hari, tinggal di tenda yang diberikan oleh Pemerintah setempat. Mereka pulang dari Jakarta pada 30 Maret 2020.

Kedelapan pemuda itu terpaksa harus kembali ke kampung halaman karena tempat kerja mereka di Jakarta telah ditutup sementara selama wabah virus Corona merebak di Indonesia.

Sebelum kedelapan pemuda Aceh Besar itu tiba di kampung halaman, orang tua mereka yang sebagian merupakan perangkat desa telah berkonsultasi dengan Muspika setempat terkait tempat karantina mandiri terhadap kedelapan anaknya yang berstatus ODP.

Awalnya diusulkan rumah yang jauh dari pemukiman penduduk untuk dijadikan tempat karantina mandiri, tapi karena kondisi rumah sudah lama tak digunakan, sehingga mereka pindah ke lokasi yang dekat dengan sungai hutan Jalin.

Untuk menjaga agar para pemuda yang baru pulang dari rantau itu sehat dan mendapat tempat isolasi memadai, pihak kecamatan Kota Jantho kemudian menyerahkan dua unit tenda lengkap dengan tempat tidur yang didirikan di dekat sungai hutan Desa Jalin.

Awalnya mereka berjumlah 11 orang, namun tiga orang lagi sudah dijemput keluarga dan melakukan karantina mandiri di rumah masing-masing.Bupati Aceh Besar juga memastikan bahwa seluruh kecamatan se-Kabupaten Aceh Besar saat ini telah mempersiapkan ruang isolasi bagi mereka yang berstatus ODP.

"Seluruh kecamatan sudah kami perintahkan untuk mempersiapkan ruang isolasi, jadi nanti mereka (ODP) bisa di karantina di situ," tegasnya.

(MHD/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi