Puluhan Warga Terjaring Razia Masker di Pasar Pagi Gurilla

Puluhan Warga Terjaring Razia Masker di Pasar Pagi Gurilla
Terjaring razia masker (Analisadaily/Jafar Wijaya)

Analisadaily.com, Medan - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Pemerintah Kota (Pemko) Medan bersama Polri dan TNI serta pihak kelurahan melakukan razia penggunaan masker di Pasar Pagi Gurilla, Medan Perjuangan.

Razia yang dilakukan petugas ini sebagai tindaklanjut dari Peraturan Wali Kota Medan (Perwal) Nomor 11 Tahun 2020 Tentang Karantina Kesehatan, khususnya warga yang tidak menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah.

Dari pantauan Analisadaily.com, Senin (4/5), di lokasi terlihat puluhan warga terjaring dalam razia ini dikarenakan tidak menggunakan masker.

Warga yang tidak menggunakan masker kemudian didata petugas, selanjutnya diberikan masker. Namun, KTP masyarakat yang tidak menggunakan masker itu ditahan petugas.

Seorang masyarakat yang tidak menggunakan masker, Maulana mengatakan, dirinya tidak mengetahui adanya razia masker yang dilakukan oleh petugas gabungan di Pasar Pagi Gurilla.

"Saya gak tau ada razia, karena rumah sama pajak dekat. Tiba-tiba tadi distop di atas kereta (sepeda motor) sama Satpol-PP," ucapnya.

Wajib Masker saat Keluar Rumah

Terjaring razia masker (Analisadaily/Jafar Wijaya)
Kepala Satpol PP Kota Medan, M. Sofyan menjelaskan, razia ini merupakan media dalam memberikan informasi dan pemahaman kepada warga masyarakat agar menggunakan masker saat melakukan kegiatan di luar rumah.

"Hari ini dan sudah berlangsung sejak kemarin, Pemko Medan secara serempak melaksanakan sosialisasi terhadap penggunaan masker bagi warga yang beraktivitas di luar rumah. Kita juga melakukan razia bagi yang tidak memakai masker," jelasnya.

Sofyan menambahkan, pihak Pemko Medan bersama jajarannya masih menindak secara humanis bagi warga yang hingga hari ini masih membandel dengan tidak menggunakan masker saat keluar rumah.

"Jika kami menemukan warga atau pengendara yang tidak menggunakan masker, diberikan masker sekaligus sosialisasi terhadap sanksi yang akan diterima ketika kedapatan lagi tidak menggunakan masker keluar rumah," tandasnya.

(JW/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi