Bantu Tunanetra Terdampak COVID-19, XL Axiata dan PFI Donasi Sembako

Bantu Tunanetra Terdampak COVID-19, XL Axiata dan PFI Donasi Sembako
Donasi sembako kepada tunanetra (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Pandemi COVID-19 telah berdampak luas pada kehidupan masyarakat. Salah satu komunitas masyarakat yang sangat merasakan dampaknya adalah para tunanetra.

XL Axiata kerja sama Pewarta Foto Indonesia (PFI) Medan, PFI Pekanbaru, dan PFI Palembang memberikan perhatian dan dukungan kepada komunitas tunanetra terdampak COVID-19. Melalui Persatuan Tunanetra Indonesia (Pertuni), disalurkan donasi sembako.

Group Head XL Axiata West Region, Desy Sari Dewi mengatakan, melihat kondisi pandemi saat ini, banyak profesi yang terimbas, termasuk komunitas tunanetra yang selama ini banyak mencari nafkah sebagai tukang pijat, penjual kerupuk keliling, hingga mengamen.

“Instruksi kepada masyarakat luas untuk physical distancing dan stay at home membuat mereka mengalami penurunan bahkan sama sekali tidak mendapatkan pendapatan,” katanya, Sabtu (9/5).

Total ada sekitar 200 paket sembako yang dibagikan. Di Medan ada 60 paket, sementara itu di Palembang dibagikan 75 paket, dan di Pekanbaru 65 paket. XL Axiata dan PFI berharap paket sembako yang disalurkan bisa bermanfaat buat anggota Pertuni dan keluarga.

Sejak pembatasan sosial masyarakat terkait COVID-19 diberlakukan, rata-rata para tunanetra semakin berat dalam melakukan aktivitas mencari nafkah. Kalau masih bekerja, pendapatan mereka sangat menurun.

“Jarang ada orang yang meminta pijat, belum tentu setiap hari bisa dapat orderan. Begitu juga kawan yang berjualan, karena pasar dan jalan sekarang sepi,” ujar Khairul dari Pertuni Medan.

Head of Sales Greater Medan, Horas Lubis menyebutkan, sebagai bagian dari masyarakat di mana mereka beroperasi, pihaknya merasa memiliki tanggung jawab untuk membantu komunitas yang mengalami kesulitan.

Terkait dengan dampak COVID-19, XL Axiata juga terus berusaha menyalurkan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan di berbagai daerah. Di Medan, selain kepada komunitas tunanetra, juga telah menyalurkan bantuan kepada komunitas penjual pulsa berupa hand sanitizer, masker serta vitamin C.

“Sebagai perusahaan layanan telekomunikasi dan data, kita terus menerus menunjukkan keperdulian dalam mitigasi COVID-19 di Indonesia. Berbagai dukungan sosial telah dilakukan,” sebutnya.

Selain mendukung imbauan bekerja dan belajar dari rumah dengan memberikan gratis kuota data 2GB per hari untuk pelanggan, XL Axiata juga telah menyalurkan berbagai bantuan.

“Termasuk ribuan alat pelindung diri dan baju hazmat bagi tenaga medis, hingga penguatan jaringan data di sekitar rumah sakit rujukan utama,” tandasnya.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi