Ribuan Warga Medan Salat Id di Masjid Raya Al-Mashun

Ribuan Warga Medan Salat Id di Masjid Raya Al-Mashun
Jemaah tampak padat hingga ke halaman Masjid Raya Al-Mashun di Kota Medan, saat melaksanakan Salat Idul Fitri, Minggu (24/5) (Analisadaily/Jafar Wijaya)

Analisadaily.com, Medan - Ribuan masyarakat Kota Medan melaksanakan salat Idul Fitri berjamaah di Masjid Raya Al-Mashun yang merupakan salah satu ikon di Kota Medan, Minggu (24/5) pagi.

Meskipun dalam situasi COVID-19, ribuan jamaah tetap melaksanakan Salat Idul Fitri sesuai prosedur yang dikeluarkan pemerintah dengan menjaga protokol kesehatan. Para jamaah mulai berdatangan masjid.

Mereka hadir dengan membawa sajadah dan tampak mengenakan masker.

Sebelum masuk mereka mencuci tangan menggunakan hand sanitizer yang di sediakan pihak masjid.

Walaupun masjid penuh namun situasi tersebut tidak seramai tahun sebelumnya, yakni jamaah melaksanakan salat hingga keluar halaman masjid dan di jalan raya.

Salat Idul Fitri di Masjid Raya Al-Mashun itupun diawali dengan tradisi kesultanan Melayu. Pemangku Kesultanan Deli, Tengku Hamdy Osman Deli Khan Al Haj datang mengenakan baju khas melayu dan dikuti para pengawal saat memasuki masjid dengan kumandang takbir dan azan.

Pemangku Kesultanan Deli, Tengku Hamdy Osman Deli Khan Al Haj mengenakan baju khas Melayu dan dikuti pengawal saat memasuki Masjid Raya Al-Mashun dengan mengumandangkan takbir dan azan. Analisadaily/Jafar Wijaya
Datok Empat Suku Kesultanan Deli, Aidil Fredy Abraham mengatakan tradisi tersebut memang rutin dilakukan di masjid yang berdiri 1909 tersebut.

"Tradisi itu tiap tahun kita lakukan. Alhamdulillah hari ini bisa kita laksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan," ucap Aidil.

Aidil menyampaikan, meskipun massa yang datang banyak, namun para jamaah menerapkan pysical distancing.

Para jemaah tampak antri untuk mencuci tangan sebelum memasuki areal Masjid Raya Al-Mashun, Kota Medan, untuk melaksanakan Salal Idul Fitri 1441 Hijriah, Minggu (24/5). Analisadaily/Jafar Widjaya
"Para jamaah tetap menjaga jarak," ujarnya.

Salah seorang jamaah bernama Fitri mengatakan, meskipun dilanda rasa takut akan virus Corona, namun ia bersama keluarga tetap melaksanakan ibadah salat Idul Fitri di Masjid Raya.

"Sebenarnya takut mau keluar rumah, tapi karena mau shalat di masjid, makanya berdoa semoga dijauhkan dari virus Corona. Selain itu saya dan keluarga juga tetap safety dengan pakai masker dan bawa hand sanitizer," tutur Fitri.

(JW/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi