Pasien Positif Covid-19 di Langkat Menjadi Dua Orang

Pasien Positif Covid-19 di Langkat Menjadi Dua Orang
Juru bicara Satgas Gugus Percepatan dan Pencegahan Covid-19 Kabupaten Langkat, Arifin Sinaga (Analisadaily/Hery Putra Ginting)

Analisadaily.com, Stabat - Pasien positif Covid-19 di Kabupaten Langkat kembali bertambah satu orang. Alhasil kini sudah ada dua orang di Langkat yang positif Covid-19.

Demikian disampaikan Juru Bicara Satgas Gugus Percepatan dan Pencegahan Covid-19 Kabupaten Langkat, M. Arifin Sinaga, di Stabat, Selasa (26/5) malam.

Pasien kedua, kata Arifin merupakan seorang ibu rumah tangga berinisial SP (64) yang berstatus pensiunan perkebunan di Kecamatan Wampu.

Dia dinyatakan positif berdasarkan informasi dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTTP) Covid-19 Sumut dan dirawat di Rumah Sakit GL Tobing PTPN II Tanjung Morawa.

"SP dinyatakan positif setelah diperiksa melalui swab tenggorokan dan PCR (Polymerase Chain Reaction) dengan hasil positif. Kini pasien berada di RS GL Tobing untuk menjalani isolasi," ungkapnya.

Sebab positifnya SP, sambung Arifin, diduga karena sebelumnya berinteraksi dengan anak perempuannya yang berinisial RG (49), seorang perawat di RS GL Tobing yang lebih dulu positif Covid-19.

"Jadi setelah RG dinyatakan positif, lalu ibunya langsung diperiksa. Sebab pernah berinteraksi, ternyata hasilnya positif," jelasnya.

"RG kini bersama ibunya dirawat di RS GL Tobing. SP diketahui berdomisili di Kecamatan Stabat, namun di KTP tercatat sebagai warga Dusun VI PKS Gohor Lama, Kecamatan Wampu," sebut Arifin.

Setelah SP dinyatakan positif, Satgas Covid-19 Langkat langsung menyemprotkan disinfektan di kediamannya serta melakukan rapid test terhadap keluarga dan tetangga yang pernah berinteraksi erat dengannya.

"Sebanyak 49 orang telah kita periksa dengan rapid test, Alhamdulillah semua hasilnya non reaktif. Kini mereka semuanya menjalani karantina, ada yang di Gedung PKK Stabat dan karantina mandiri di rumah," ungkapnya.

Rabu (27/5) besok, menurut Arifin juga masih dilakukan rapid test kepada 20 orang yang juga diketahui pernah berinteraksi dengan SP.

"Kami sudah 3 hari ini melakukan rapid test, besok terakhir," jelasnya.

Lebih lanjut Arifin menambahkan bahwa kasus Covid-19 di Langkat hingga tanggal 26 Mei 2020 tercatat ODP 0, PDP 2 orang, positif 2 orang dan meninggal 1 orang.

Sementara Plt Kadis Kesehatan, Limin Ginting dan Kadis Kominfo, Syahmadi, mengingatkan warga Langkat agar meningkatkan kewaspadaan di suasana lebaran dengan mengikuti anjuran pemerintah dan protokol kesehatan.

(HPG/EAL)

Baca Juga

Rekomendasi