221 Desa di Palas Telah Salurkan BLT

221 Desa di Palas Telah Salurkan BLT
Plt. Kadis Pembinaan Masyarakat Desa Padang Lawas, Budiman Nasution (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Sibuhuan - Hari ini tercatat 221 desa dari 303 desa se-Kabupaten Padang Lawas telah menyalurkan bantuan langsung tunai ( BLT) dana desa (DD) untuk tahap awal. Sedangkan untuk tahap kedua terdapat 13 desa atau 630 KK yang telah menyalurkan BLT DD.

Jika dihitung BLT dana desa yang sudah disalurkan kepada keluarga penerima manfaat (KPM) sudah mencapai Rp9,7 miliar.

Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Padang Lawas, Budiman Nasution mengatakan, Bantuan Langsung Tunai Dana Desa hingga akhir Mei telah disalurkan kepada 15.552 keluarga penerima manfaat.

Sedangkan sisa desa yang belum menyalurkan BLT, dananya sudah ditransfer ke rekening desa. Hanya tinggal menunggu proses administrasi dan data keluarga penerima manfaat.

"Kita terus kejar dan berupaya agar dana desa bisa tersalur ke desa secepatnya sehingga bisa dimanfaatkan keluarga penerima BLT," ujar Budiman di Sibuhuan, Sabtu (30/5).

"Sedangkan sisa desa yang belum menyalurkan BLT tinggal menunggu proses beberapa hari ini. Karena dananya sudah transfer ke rekening desa," ungkapnya.

Budiman menyebut, desa yang siap menyalurkan BLT ditandai dengan selesainya musyawarah desa khusus. Wadah demokratis ini dijalankan untuk menetapkan KPM yang layak menerima bantuan.

"Setelah daftar ini diumumkan, langsung dana desa siap dibagikan kepada KPM," tegasnya.

"Sampai hari ini sudah lebih 99 persen desa telah menerima transfer dana desa, dan telah menggelar musyawarah desa khusus, mungkin beberapa hari ini akan tersalurkan kepada keluarga penerima manfaat," tukas Budiman.

(ATS/EAL)

Baca Juga

Rekomendasi