Tahun 2020, Pertama Kalinya Pemkab Langkat Raih WTP

Tahun 2020, Pertama Kalinya Pemkab Langkat Raih WTP
Bupati Langkat, Terbit Rencana, menerima opini WTP (Analisadaily/Hery Putra Ginting)

Analisadaily.com, Stabat - Pemerintah Kabupaten Langkat di bawah pimpinan Bupati Langkat Terbit Rencana dan Wakil Bupati Syah Afandin, menjadi salah satu kabupaten di Sumatera Utara (Sumut) yang berhasil meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), atas laporan keuangan tahun anggaran 2019 dari BPK RI Perwakilan Sumut.

Prestasi ini untuk pertama kalinya diterima Pemkab Langkat di tahun 2020, ditandai dengan penyerahan berkas hasil pemeriksaan oleh Ketua BPK Perwakilan Sumut, Eydu Oktain Panjaitan kepada Bupati Langkat, pada acara penyerahan hasil pemeriksaan atas laporan keuangan pemerintah daerah tahun anggaran 2019, di gedung BPK RI Perwakilan Sumut, Medan.

“Ini prestasi sangat membanggakan, karena pertama kalinya diraih Pemkab Langkat. Selain bukti keberhasilan dalam mengelola anggaran yang transparan, pencapaian ini juga sebagai kado hari kelahiran Bupati Langkat ke-48 pada 24 Juni 2020 dan Wabup Langkat ke-54 pada 23 Juni 2020,” kata Sekdakab Langkat, Indra Salahudin, Rabu (24/6).

Bupati Langkat, Terbit Rencana, mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran Pemkab Langkat yang telah bekerja keras, ihklas dan tuntas, sehingga target prestasi tercapai dengan sukses.

Alhamdulillah, Pemkab Langkat berhasil meraih WTP tahun ini. Terima kasih kepada semua pihak yang telah bersama-sama bekerja. Semoga prestasi ini dapat terus dipertahankan ditahun-tahun yang akan datang,” pungkasnya.

Prestasi ini, sambung Bupati, secara pribadi dipersembahkan kepada masyarakat negeri bertuah. Sebagai bukti dikepemimpinannya, benar-benar memperjuangkan kepentingan masyarakat dalam pengelolaan keuangan daerah.

“Jadi garis merahnya dengan nilai kereligiusan, pada kejujuran yang berpihak kepada masyarakat. Karena kejujuran adalah perintah agama dan amanat bangsa,” ungkapnya.

Ketua DPRD Langkat, Surialam, saat mendapingi Bupati, mengatakan, selama tiga priode menjabat anggota DPRD Langkat, baru ini Pemkab Langkat merah opini WTP. Pihaknya menilai, prestasi ini sangat membanggakan sekali.

Sebab sebagai bukti, sambungnya, karena koordinasi kemitraan Pemkab dan DPRD Langkat berjalan baik dalam pengeolaan anggaran, untuk membangun Kabupaten Langkat.

“Prestasi ini saya yakini menjadi tanda, kedepan Langkat semakin makmur, sejahtera dan religius dibawah pimpinan Terbit Rencana dan Syah Afandin,” harapnya.

Ketua BPK RI Sumut, selain menyampaikan selamat ulang tahun kepada Bupati dan Wakil Bupati Langkat, juga mengatakan Pemkab Langkat mendapatkan predikat opini dari Wajar Dengan Pengecualian (WDP) menjadi WTP, sesuai hasil pemeriksaan yang dilaksanakan.

“Opini WTP yang dicapai telah memenuhi syarat serta ketentuan sesuai hasil pemeriksaan,” ungkapnya.

(HPG/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi