Proyek Dinas PU PalasTerpangkas 66 Persen

Proyek Dinas PU PalasTerpangkas 66 Persen
Kepala Dinas PU Palas, Harry Rizal Hasibuan (Analisadaily/Atas Siregar)

Analisadaily.com, Sibuhuan - Dampak pandemi Covid-19 menyebabkan anggaran proyek fisik di Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Padang Lawas tahun ini terpangkas dari Rp131 miliar menjadi Rp45 miliar atau 66%.

Kepala Dinas PU Palas, Harry Rizal Hasibuan mengatakan, pemotongan anggaran instansinya hingga 66% adalah akibat penanganan Covid-19.

Untuk tahun ini jumlah proyek di Dinas PU hanya 88 paket yang terdiri dari Bina Marga 26 paket atau Rp 26,6 miliar, Cipta Karya 32 paket atau Rp6,8 miliar dan Bidang Pengairan 30 paket atau Rp11,9 miliar.

Rizal menjelaskan, proses lelang diperkirakan akan berlangsung awal Agustus. Saat ini pihaknya sedang mempersiapkan perencanaan.

"Paling cepat pertengahan Juli atau awal Agustus mungkin sudah bisa tayang," ungkap Harry Rizal Hasibuan kepada Analisadaily.com, Selasa (30/6).

Rizal menambahkan, proyek yang akan dilelang tahun ini bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU).

"Semuanya dari DAU karena dana DAK tidak ada lagi," ungkapnya.

Di antara proyek yang akan dikerjakan tahun ini adalah peningkatan Jalan Pejuang 45 di Kecamatan Barumun (lanjutan) senilai Rp1,7 miliar, peningkatan jalan simpang provinsi di Komplek Paya Baruas Batang Bulu senilai Rp2,5 miliar dan peningkatan jalan simpang provinsi Sisupak (Dinas Pendidikan) di Kecamatan Barumun senilai Rp3,9 miliar lebih.

"Ketiga proyek tersebut termasuk paket proyek yang besar di Bina Marga," papar Harry Rizal.

(ATS/EAL)

Baca Juga

Rekomendasi