Dosen USU Ajak Masyarakat Desa Kurangi Penggunaan Kantong Plastik

Dosen USU Ajak Masyarakat Desa Kurangi Penggunaan Kantong Plastik
Mahasiswa KKN yang dibimbing Dosen USU Vivi Adryani Nasution, SS, MTCSOL memberikan kantong kain untuk mengurangi penggunaan kantong plastik kepada masyarakat desa. (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Batubara - Dosen Universitas Sumatera Utara (USU) melakukan pengabdian masyarakat ke Desa Sumber Padi, Kecamatan Lima Puluh, Kabupaten Batubara. Pada pengabdiannya itu, para dosen tersebut mengajak masyarakat desa untuk mengurangi penggunaan kantong plastik.

Kegiatan yang dinaungi Lembaga Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM) melalui KKN PPM USU itu diketuai oleh Vivi Adryani Nasution, SS, MTCSOL (Dosen Bahasa Mandarin FIB USU) bersama anggota Niza Ayuningtias, S.S., MTCSOL (Dosen Bahasa Mandarin FIB USU) dan Ely Hayati (Dosen Sastra Inggris FIB USU).

Vivi Adryani Nasution mengatakan, kegiatan pengadian pada masyarakat itu dilakukan via daring dan langsung ke lapangan.
Ia menjelaskan, tema yang diangkat adalah "Menjadi Pelopor Pengurangan Penggunaan Kantong Plastik". Kegiatan DPL KKN PPM 2020 ini ingin mengajak warga Desa Sumber Padi untuk memulai menggunakan kantong kain atau kantong belanja ramah lingkungan dengan membagikan tas kantong belanja kain sebagai langkah alternatif mengurangi penggunaan kantong plastik.

“Semua tahu bahwa plastik sangat efisien dan mudah didapat namun butuh ratusan tahun untuk menguraikan benda berbahan plastik. Produk plastik menjadi bahan sekali pakai dan langsung dibuang. Masalah akan terjadi di pengelolaan sampah. Besarnya jumlah sampah plastik, terbatasnya Tempat Pebuangan Sampah (TPS) dan sedikitnya sampah yang dapat di daur ulang menjadi faktor sampah plastik menumpuk dan berakhir di lautan,” ujarnya.

Sampah tersebut, imbuhnya, bisa memengaruhi biota, ekosistem laut, industri pariwisata, dan tentunya keselamatan makhluk hidup lainnya.

“Hal ini yang mendorong saya dan anggota mengajak warga Desa Sumber Padi untuk berani menjadi pelopor pengurangan penggunaan kantong plastik dimulai dari diri sendiri. Infografis tentang sosialisasi pengurangan penggunaan kantong plastik pun juga telah diberikan. Walaupun berdomisili di desa namun bukan berarti tidak bisa berpikir kritis dan menjadi pelopor hal baik,” tegasnya.

Pelaksanaan pengabdian secara virtual sendiri dilaksanakan melalui media Zoom pada Senin, 3 Agustus 2020. Pada pertemuan virtual tersebut Kepala Desa Sumber Padi Effendi Saragih yang mewakili masyarakat menerima bantuan kantong belanja kain.

Penyerahan kantong kain diwakili oleh Neng Euis, mahasiswi anggota KKN KKB R47 yang dibimbing oleh Vivi Adryani Nasution, S.S., MTCSOL yang mana mahasiswi tersebut berdomisili dekat dengan Desa Sumber Padi. Penyerahan kantong kain diterima oleh kepala desa dan 6 warga desa Sumber Padi sebagai perwakilan.

Vivi juga sebelumnya mengucapkan terima kasih kepada warga desa dan Kepala Desa Sumber Padi yang telah berkenan menerima dan menyambut baik tim dan mahasiswa KKN PPM 2020 yang sebelumnya melalui Ketua Tim Mahasiswa KKN KKB R47 Azwar Effendi telah mengirimkan buku-buku bacaan ke Desa Sumber Padi.

Selain membagikan kantong belanja kain, Vivi Adryani Nasution dan tim juga membagikan masker sebagai bentuk antisipasi bersama terhadap COVID-19. Masker yang diberikan memiliki julukan “Masker Timbal” (masker timbal balik) yakni masker dapat dipilih dipakai dengan motif atau polos.

“Masker dibeli dari seorang "single parent" untuk membantu sedikit perekonomiannya yang juga terkena dampak pandemi. Dihararapkan kegiatan ini dapat menginspirasi warga Desa Sumber Padi, dan masyarakat banyak untuk mengurangi penggunaan kantong plastik,” tegasnya.

(BR)

Baca Juga

Rekomendasi