Lebih Baik Pilih Asuransi Mobil yang Mana, All Risk Atau TLO?

Lebih Baik Pilih Asuransi Mobil yang Mana, All Risk Atau TLO?
Ilustrasi (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Kalau ingin mempunyai asuransi mobil yang bagus demi perlindungan yang maksimal buat keuangan pilih apa ya? Asuransi mobil Total Loss Only (TLO) atau All Risk?

Cukup banyak orang yang memiliki kendaraan bingung ketika mencari asuransi mobil. Saat kredit mobil lunas, masa pertanggungan asuransi otomatis selesai.

Supaya pemilik kendaraan terhindar dari kerugian-kerugian yang tidak diinginkan, mereka pun mau tak mau harus mencari asuransi yang bagus dan cocok untuk mereka.

Penelusuran pun sampai ke jenis asuransi mobil, apakah memilih asuransi All Risk atau TLO? Buat yang pernah pengalaman klaim asuransi selama masa kredit cenderung memilih kembali jenis asuransi yang digunakan sebelumnya.

Bagaimana kalau pemilik kendaraan belum pernah merasakan manfaat asuransi mobil miliknya? Apakah mereka akan kembali memilih jenis asuransi sebelumnya atau jenis yg baru? Temukan jawaban-jawaban dari pertanyaan di atas dalam ulasan Lifepal berikut ini.

Jumlah Mobil yang Terlibat Kecelakaan Tahun 2019

Kecelakaan mobil bisa terjadi kapan saja dan dimana saja. Menurut Statistik Laka Korlantas Polri, dari 1 Oktober 2019-31 Desember 2019, jumlah mobil yang terlibat kecelakaan lalu lintas mencapai 131 unit.

Untungnya, jumlah yang dilaporkan pada periode ini lebih kecil dibandingkan jumlah pada periode sebelumnya yaitu 667 unit.

Melihat data di atas, kecelakaan lalu lintas tentu saja menimbulkan kerugian yang rata-rata tidak sedikit. Kerugian tersebut bisa mulai dari mobil yang lecet, luka-luka, hingga korban jiwa pun bisa saja terjadi. Semua kerugian di atas pasti akan mengurus dana yang lumayan besar.

Dalam situasi sulit itulah, asuransi mempunyai peran esensial agar keuangan si pengendara tidak terbebani dikarenakan perusahaan asuransi yang akan menanggung kerugian si pengendara sesuai syarat dan ketentuan yang sudah disepakati.

Pilih Asuransi Mobil yang bagus: All Risk vs TLO?

Setiap pemilik kendaraan pastinya memiliki rasa khawatir dan was-was terhadap risiko-risiko yang bisa terjadi ke mobil miliknya. Angka mobil yang mengalami kecelakaan memberi petunjuk bahwa kecelakaan lalu lintas masih bisa terjadi.

Risiko kerusakaan kendaraan, pencurian kendaraan, dan risiko kecelakaan akibat tabrakan ataupun terperosok bukan lagi persoalan jika setiap pengendara memiliki asuransi mobil. Apalagi kalau butuh perbaikan atau penggantian spare part mobil karena bisa sangat mahal.

Nah, sebelum memutuskan untuk membeli polis asuransi mobil, sebaiknya kenali dulu jenis-jenisnya, yaitu All Risk dan TLO, dalam ulasan bawah ini.

Apa Itu Asuransi Mobil All Risk?

Asuransi mobil All Risk (komprehensif) adalah jenis asuransi kendaraan yg memberi pemilik kendaraan penggantian biaya maupun menjamin semua jenis risiko (ringan atau berat) hingga risiko kehilangan kendaraan.

Premi asuransi All Risk termasuk mahal dikarenakan jaminan yang menyeluruh dari asuransi mobil tersebut. Asuransi All RIsk justru lebih mahal ketimbang asuransi TLO.

Apa Itu Asuransi Mobil TLO?

Asuransi Total Loss Only (TLO) adalah jenis asuransi kendaraan yang memberi jaminan kalau kendaraan hilang akibat pencurian dan terjadi kerusakan yang nilai perbaikannya ≥ 75 persen harga kendaraan saat itu.

Bagaimana kalau kerusakan kendaraan tersebut tidak sampai 75 persen? Klaim si pengendara yang memiliki asuransi TLO akan ditolak oleh perusahaan asuransi. Meskipun begitu, premi jenis asuransi ini lebih murah dibanding asuransi All Risk.

Ada risiko yang tidak ditanggung asuransi mobil, apa saja?
Asuransi mobil jenis All Risk emang disebut memberi jaminan semua jenis risiko, baik ringan maupun berat. Namun, ada juga risiko-risiko yang tidak ditanggung asuransi mobil, seperti:

+ Banjir, taifun, badai, dan kerusakan karena air.

+ Gempa bumi/tsunami.

+ Kerusuhan.

+ Sabotase/Terorisme.

+ Kecelakaan pengemudi.

+ Kecelakaan penumpang.

+ Third Party Liability (TPL).

+ Tanggung Jawab Hukum terhadap Penumpang (TJHP).

Tapi, jangan khawatir! Risiko-risiko di atas bisa saja menjadi tanggungan perusahaan asuransi asalkan Anda mengambil manfaat tambahan sebagai bentuk perluasan perlindungan.

Dengan mengetahui informasi tentang asuransi kendaraan di atas, Anda setidaknya memiliki pertimbangan-pertimbangan dalam memilih asuransi mobil yang bagus dan cocok untuk Anda.

Pastikan juga bahwa asuransi mobil yang nantinya Anda mau ambil sesuai dengan bujet atau anggaran. Kalau bujet terbatas, sebaiknya ambil saja asuransi TLO. Kalau ingin jaminan menyeluruh? Anda bisa ambil asuransi All Risk.

Agar tak repot-repot lagi dalam membandingkan pilihan asuransi, temukan dan dapatkan asuransi terbaik di Lifepal. Anda bisa membandingkan besaran preminya, bahkan klaimnya pun bisa dibantu. Jadi, tunggu apa lagi? Temukan segera dan miliki asuransi pilihan Anda.

(Adv)

Baca Juga

Rekomendasi