Pemkab Palas Apel Kesiapan Antisipasi Bencana

Pemkab Palas Apel Kesiapan Antisipasi Bencana
Bupati Padanglawas, Ali Sutan Harahap, memeriksa kesiapan pasukan dalam apel antisipasi bencana, Senin (9/11), di halaman Mapolres Padanglawas. (Analisadaily/Atas Siregar)

Analisadaily.com, Sibuhuan - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Padanglawas (Palas) menggelar Apel Kesiapan Antisipasi Penanggulangan Bencana di halamam Mapolres Palas, Bulu Sonik, Senin (9/11).

Apel diikuti oleh pasukan gabungan dari TNI, Polri, BPBD, Satpol PP, Dinas Perhubungan. Berbagai sarana dan prasarana pendukung operasi SAR juga ikut digelar.

Bupati Palas, Ali Sutan Harahap (TSO), yang menjadi pembina dalam apel itu mengatakan, tujuan apel penanggulangan bencana alam untuk mengetahui kesiapan dalam menghadapi kemungkinan terjadinya bencana yang ada.

"Termasuk kesiapan sarana prasarana serta dukungan logistik lainnya," kata TSO.

Bupati menjelaskan, dalam antisipasi penanganan bencana ini, beberapa langkah antisipasi adalah membersihkan saluran air, mendata warga desa yang tinggal di lokasi rawan bencana, menyediakan lokasi penanganan korban bencana di dekat daerah rawan bencana.

"Ini penting dilakukan agar memudahkan dan mempercepat proses evakuasi, penanganan korban bencana," ungkap Bupati.

Disebutkannya, dalam kondisi tertentu, dana desa dapat digunakan untuk mendanai berbagai langkah antisipasi maupun penanganan bencana.

"Untuk itu saya berpesan kiranya setiap anggota yang terlibat dalam kegiatan ini untuk bisa menjaga kesehatan dan stamina," tandasnya.

(ATS/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi