CSR Pertamina “Berbuah” Dua Awards Nasional

CSR Pertamina “Berbuah” Dua Awards Nasional
Public Relations Manager Pertamina EP, Hermansyah Y. Nasroen (kanan) saat menerima Padmamitra Awards dari Mensos RI Juliari P. Batubara (kiri) di Hotel Mercure Jakarta, baru-baru ini. (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Kualasimpang - Keterpencilan Gampong (Desa) Tampur Paloh di pedalaman Kabupaten Aceh Timur, Aceh, sejak lima tahun terakhir terus menerus dibina oleh PT Pertamina EP Rantau Field.

Banyak kegiatan sosial sudah direalisasikan oleh perusahaan migas tersebut melalui sentuhan program Corporate Social Responsibility (CSR).

Program tanggungjawab sosialnya, di antaranya pemberdayaan masyarakat, bidang pendidikan dengan membangun sekolah terbuka, hingga mengembangkan pohon kedondong hutan temuan energi baru dan terbarukan sebagi energi alternatif untuk menerangi Gampong Tampur Paloh yang hingga kini belum terjamah listrik PLN.

Bukti kerja nyata Pertamina selain mengejar target produksi minyak ini, ternyata mendapat penilaian khusus di tingkat nasional. Dalam bulan November 2020 ini PEP Rantau Field tercatat memboyong Dua Awards sekaligus.

PT Pertamina EP Rantau Field, Aceh ketika disebut menerima penghargaan platinum ICA dalam kategori program Siekula Aneuk Nanggroe, “Magnet Edukasi di Kawasan 3T” yang diterima secara virtual, awal November 2020 lalu
Program “Gampong Berdaya Tampur Paloh” berhasil menghantarkan PT Pertamina EP (PEP) Asset 1 Rantau Field menyabet penghargaan Padmamitra Awards dari Kementerian Sosial (Kemensos RI).

Penghargaan bergengsi ini diberikan langsung oleh Menteri Sosial, Juliari P. Batubara kepada Hermansyah Y. Nasroen, selaku Public Relations Manager (PRM) PT Pertamina EP, pada malam penganugerahan Padmamitra Awards di Hotel Mercure Jakarta, Selasa (17/11) malam.

Dalam sambutannya, Mensos Juliari mengucapkan selamat atas kontribusi dan dedikasinya kepada para badan usaha maupun individu yang telah terbukti satu tahun ini benar-benar konkrit dalam menjalankan program yang bermanfaat bagi saudara-saudara kita di pelosok negeri ini.

“Tentunya sumbangsih ini kita catat bersama sebagai bentuk sinergitas seluruh pihak untuk memciptakan pilar-pilar sosial yang berkesinambungan,” ujar Ari sapaan akrap Menson RI ini.

Diakui, pemerintah banyak memiliki keterbatasan untuk menjangkau seluruh masyarakat di tanah air, dengan kebutuhan yang beragam. “Maka dari itu, bantuan dari perusahaan dan lembaga sosial lainnya sangat kami apresiasi,” imbuhnya.

Field Manager (FM) PT Pertamina EP Rantau Field, Totok Parafianto, lewat pers rilis yang diterima Analisadaily.com Jumat (20/11) menyatakan, ini merupakan kali pertama Rantau Field mendapatkan penghargaan skala nasional langsung dari Kemensos RI, atas pengelolaan program CSR yang bertujuan untuk peningkatan kesejahteraan sosial.

Menurutnya, dari lima program yang diikutsertakan dalam tiga kategori Padmamitra Awards yakni, Kemiskinan, Ketelantaran dan Keterpencilan.

“Kami mendapatkan penghargaan kategori Keterpencilan pada program “Gampong Berdaya Tampur Paloh”,” sebut FM Totok Parafianto.

Dijelaskan, dari total 124 perusahaan yang mengikuti tahapan mulai seleksi administrasi, presentasi dan wawancara, tersisa 15 perusahaan yang mendapatkan penghargaan Padmamitra tersebut.

Salah satunya, PT Pertamina EP Rantau Field yang berkedudukan di Kabupaten Aceh Tamiang, Provinsi Aceh.

Dikatakan, penyerahan hadiah malam Anugerah dihadiri oleh perwakilan masing-masing perusahaan termasuk Pertamina EP dengan mengedepankan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19.

Perhelatan Padmamitra Awards juga disiarkan secara virtual disaksikan bersama dengan Tim Manajemen Pertamina Rantau Field.

“Alhamdulillah, kita mendapatkan lagi apresiasi dari pihak pemerintah dalam hal ini Kementrian Sosial RI. Hal ini merupakan bukti dari keseriusan dan komitmen Rantau Field dalam menjalankan program pemberdayaan,” kata Totok.

Raih ICA Platinum

Sebelumnya, PT Pertamina EP Rantau Field juga meraih Indonesia CSR Awards (ICA) 2020. Penghargaan peringkat platinum ini diserahkan secara virtual akibat kondisi pandemi.

Dalam keterangannya, Kamis (12/11), Field Manager Totok Parafianto menyebutkan, walaupun penerimaan penghargaan dilakukan secara virtual tidak menghalangi kekhidmatan acara yang diselenggarakan oleh Corporate Forum for Community Development (CFCD). Rantau Field ungkap Totok, meraih penghargaan pada kategori Communication Involvement and Development (CID) pada pelibatan dan pengembangan masyarakat di Bidang Keterpencilan untuk program Siekula Aneuk Nanggroe “Magnet Edukasi di Kawasan 3T” (Terdepan, Terpencil dan Tertinggal).

Totok berujar, penghargaan ICA ini merupakan bukti bahwa PEP Rantau Field berkomitmen dalam mengoptimalkan pendidikan khususnya di wilayah Aceh. Pihaknya bersyukur sekaligus bangga atas raihan platinum pada pagelaran Indonesia CSR Awards tersebut. Hal ini pun selaras dengan komitmen perusahaan migas itu untuk mendorong masyarakat agar berkembang dengan potensi yang dimiliki demi mewujudkan tujuan pembangunan berkelanjutan.

“Menjadi suatu kehormatan bagi kami atas pencapaian ini, dengan harapan Indonesia CSR Awards ini bisa diraih di tahun-tahun berikutnya, dan program CSR yang diimplementasikan bisa semakin meluas bermanfaat bagi masyarakat,” demikian kata Totok Parafianto.

Berita kiriman dari: Dede Harison

Baca Juga

Rekomendasi