Hujan Deras, Lima Kecamatan di Sergai Terendam Banjir

Hujan Deras, Lima Kecamatan di Sergai Terendam Banjir
Banjir merendam lima kecamatan di Kabupaten Serdang Bedagai (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Sei Rampah - Hujan dengan intensitas tinggi yang melanda Kabupaten Serdang Bedagai mengakibatkan lima kecamatan terendam banjir. Akibatnya 5.145 rumah warga terkena dampak.

Lima kecamatan yang terdampak banjir adalah Kecamatan Tebingtinggi, Sei Bamban, Sei Rampah, Dolok Masihul dan Sipispis.

Kepala BNPB Sergai, Hendry, mengatakan banjir terjadi akibat hujan yang melanda Kabupaten Serdang Bedagai sejak awal November lalu. Akibatnya tanggul Sei Belutu dan Sei Sibaro di Kecamatan Sei Bamban dan Tebingtinggi jebol.

"Termasuk beberapa tanggul di Kecamatan Dolok Masihul ditambah adanya air kiriman dari Kabupaten Simalungun. Sejalan dengan itu terjadi pasang mati di laut sehingga air tertahan dan melimpah ke pemukiman warga di Kecamatan Sei Bamban, Tebingtinggi, Sipispis, Dolok Masihul dan Sei Rampah," kata Hendry, Sabtu (28/11).

Menurutnya dalam peristiwa itu tidak ada korban jiwa. Namun ribuan rumah warga terendam air.

"Untuk total rumah yang terendam dari hasil pendataan kami sebanyak 5.145 rumah yang terdampak dengan ketinggian air satu meter," ucapnya.

"Sementar total 33 desa/kelurahan yang terdampak banjir di Kabupaten Serdang Bedagai," sambung Hendry.

Saat ini BNPB bersama instansi lainnya telah mendirikan posko di desa/kelurahan yang terdampak.

"Kami juga telah nenyalurkan sembako dan air mineral. Mendirikan dapur umum, mendirikan tenda di beberapa titik, menurunkan perahu fiber dan fortable di lokasi tertentu, pelayanan kesehatan. Kemudian penerbitan SK penetapan darurat bencana," tukasnya.

(JW/EAL)

Baca Juga

Rekomendasi