Bayi Kembar Siam Berhasil Dipisahkan Dengan Selamat

Bayi Kembar Siam Berhasil Dipisahkan Dengan Selamat
Proses operasi pemisahan bayi kembar siam di RSUP Adam Malik Medan (Analisadaily/Jafar Wijaya)

Analisadaily.com, Medan - Operasi pemisahan bayi kembar siam dempet dada dan perut di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Adam Malik Medan, berjalan dengan sukses, Rabu (20/1).

Dalam operasi yang dilakukan tim dokter RSUP Haji Adam Malik sejak pukul 08.00 WIB hingga pukul 17.40 WIB atau lebih kurang 10 jam, proses operasi berjalan lancar sehingga kedua bayi berhasil dipisahkan dengan selamat.

"Pukul 17.40 WIB, operasi Adam dan Aris telah selesai dan telah berhasil dipisahkan dalam keadaan selamat," kata Kasubbag Humas RSUP Adam Malik Medan, Rosario Dorothy Simanjuntak, Rabu (20/1) petang.

Setelah operasi pemisahan, nantinya kedua bayi akan dirawat intensif. Kondisi mereka dipantau sangat ketat selama 3x24 jam.

Sebelumnya, Sekretaris Tim Penanganan Bayi Kembar Siam RSUP Adam Malik, dr Rizky Adriansyah SpA (K), mengatakan, tenaga medis sudah menyediakan 16 kantong darah golongan B untuk operasi tersebut.

"Untuk stok darah kami sudah siapkan dan itu sumbangan dari tenaga medis di Adam Malik," terang Rizky.

Dalam operasi itu lebih dari 50 tenaga medis dilibatkan. Tenaga ahli yang dilibatkan seperti beberapa dokter sub spesialis, terutama dokter spesialis bedah anak, dokter bedah jantung, dokter spesialis anestesi pediatrik, dan dokter spesialis anak. Seluruhnya merupakan tenaga medis yang bekerja di RSUP Adam Malik, Medan.

"Kedua bayi dempet pada bagian perut dan dada. Organ yang menempel, hati dan dinding jantung, karena itu banyak dokter spesialis yang dilibatkan," jelas Rizky.

Untuk diketahui, bayi kembar siam tersebut lahir pada 9 Desember 2019, putra pasangan Nur Rahmawati (26) dan Supono (32), warga Dusun Sei Kelapa II, Desa Tanjung Haloban, Kecamatan Bilah Hilir, Labuhanbatu.

(JW/EAL)

Baca Juga

Rekomendasi