Dentuman Beduk Tandai Pembukaan MTQ ke-53 Tingkat Tapanuli Selatan

Dentuman Beduk Tandai Pembukaan MTQ ke-53 Tingkat Tapanuli Selatan
Pemukulan beduk tanda dibukanya MTQ ke-53 Tingkat Tapanuli Selatan (Analisadaily/Hairul Iman)

Analisadaily.com, Batang Angkola - Dentuman beduk dan lantunan takbir menandai pembukaan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) ke-53 di Lapangan Sarasi II Pintu Padang, Kecamatan Batang Angkola, Sabtu (23/1) sore.

Anggota DPR RI, Gus Irawan Pasaribu mengatakan, sepanjang penyelenggaraan MTQ tingkat Kabupaten Tapsel, khususnya di masa kepemimpinan Bupati Syahrul M. Pasaribu, selalu ada hal positif yang ditinggalkan.

"Selama 11 kali MTQ digelar dalam dua priode masa jabatan Bupati Syahrul, 11 lapangan bola plus tribun juga terbangun. Ini salah satu pencapaian yang luar biasa selain berbagai infrastruktur lainnya," kata Gus Irawan.

Gus Irawan juga mengajak seluruh masyarakat agar mensyukuri keberhasilan pembangunan infrastruktur pada masa kepemimpinan Syahrul M. Pasaribu.

"Di akhir masa kepemimpinannya ini, mari kita berdoa agar keberkahan dan kesuksesan selalu menyertainya," imbuh Gus.

Sementara Bupati Tapsel, Syahrul M. Pasaribu, mengajak para peserta dan masyarakat agar memaklumi pelaksanaan MTQ ke-53 di tengah pandemi Covid-19.

"Semoga MTQ kali ini menghasilkan qori-qori yang tidak hanya bisa berbicara di tingkat kabupaten, namun juga provinsi bahkan nasional ataupun internasional," ujarnya.

Di sisi lain Syahrul mengungkapkan, setiap even MTQ di Tapsel selalu meninggalkan kenangan atau bangunan yang bersifat monumental.

"Saat awal saya menjabat baru satu lapangan sepakbola yang ada, namun setelah saya menjabat, berdiri 11 lapangan bola dan tribun yang sekaligus menjadi area pelaksanaan MTQ tingkat Kabupaten Tapsel," ungkapnya.

Syahrul mengajak masyarakat Pintu Padang untuk dapat menggunakan dan menjaga lapangan tersebut dengan baik.

"Boleh dimanfaatkan untuk bidang keagaamaan, olahraga, seni budaya atau lainnya, namun harus betul-betul dijaga dan rawat dengan baik," ajaknya.

Pembukaan MTQ ini dirangkai dengan peresmian lapangan sepakbola Sarasi II Pintu Padang, pemukulan beduk dan peninjauan stand pameran.

Pelaksanaan MTQ tingkat Kabupaten Tapsel ke-53 juga menerapkan protokol kesehatan ketat dalam upaya mencegah penyebaran Covid-19.

Turut hadir dalam acara itu Anggota DPRD Sumut Abdul Rahim Siregar, Samsul Qomar, tokoh pemuda Dolly Putra Parlindungan Pasaribu, unsur Forkopimda Tapsel, OPD, tokoh masyarakat, agama, kafilah, juri dan ratusan masyarakat setempat.

(HIH/EAL)

Baca Juga

Rekomendasi