RS Adam Malik Mulai Vaksinasi Covid-19 Nakes Lansia

RS Adam Malik Mulai Vaksinasi Covid-19 Nakes Lansia
Salah seorang tenaga kesehatan di RSUP Adam Malik Medan usai menerima suntikan vaksin Covid-19 (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Haji Adam Malik (HAM) Medan mulai memberikan vaksinasi Covid-19 untuk tenaga kesehatan (nakes) berusia di atas 60 tahun, Senin (8/2).

Vaksinasi yang dihadiri Direktur Utama RSUP HAM, dr. Zainal Safri SpPD-KKV SpJP (K), bersama jajaran direksi ini berlangsung di Gedung Paviliun, Instalasi Pelayanan Eksekutif RSUP HAM.

“Hari ini kita telah melakukan vaksinasi nakes umur lebih dari 60 tahun. Mari kita vaksinasi semua tenaga kesehatan agar kita sebagai pelayan utama terhadap pasien bisa lebih aman, dan juga buat keluarga di rumah akan lebih aman,” kata Zainal.

Dalam kesempatan ini sebanyak empat nakes lansia di rumah sakit vertikal Kementerian Kesehatan itu menerima suntikan vaksin Covid-19 tahap pertama.

Prof. dr. Bidasari Lubis SpA(K) berusia 67 tahun menjadi nakes lansia pertama yang menerima suntikan vaksin Covid-19 di RSUP HAM.

“Saya sudah divaksin, vaksin yang pertama, dan sampai saat ini, Alhamdulillah saya tidak merasakan gejala apapun. Insya Allah saya masih dilindungi Allah, untuk dapat vaksin yang kedua nanti,” ungkap Bidasari menyampaikan perasaannya setelah divaksin Covid-19.

Dirinya pun mengajak nakes lansia lainnya segera mendaftarkan diri untuk menerima vaksinasi Covid-19.

Selanjutnya pada siang hari giliran tiga nakes lansia lain yang mendapatkan vaksin Covid-19. Mereka adalah Prof. dr. Bachtiar Surya SpB-KBD (75 tahun), dr. Zulfikar Lubis SpPK (K) (64 tahun), dan dr. Zuhrial SpPD-KAI (63 tahun) yang merupakan Ketua Tim Vaksinasi Covid-19 RSUP HAM. Mereka pun secara bergiliran menerima suntikan vaksin Covid-19.

Sebelumnya, RSUP HAM telah melaksanakan vaksinasi Covid-19 tahap pertama pada 19 hingga 31 Januari 2021 yang diikuti 2.304 nakes di rumah sakit terakreditasi Joint Commission International ini.

Selain pegawai, sejumlah dokter PPDS (Program Pendidikan Dokter Spesialis) dan dokter coass yang sedang menempuh pendidikan kedokteran di RSUP HAM, serta sejumlah nakes dari luar juga turut menerima vaksin Covid-19.

Kemudian, vaksinasi Covid-19 tahap kedua juga telah dimulai sejak 2 Februari 2021 atau sesuai dengan prosedur setelah 14 hari mendapatkan suntikan vaksin Covid-19 tahap pertama.

Sementara vaksinasi Covid-19 tahap kedua bagi lansia akan diberikan 28 hari kemudian setelah menerima suntikan vaksin tahap pertama.

(JW/EAL)

Baca Juga

Rekomendasi