Juara 1 MTQ Tingkat Deli Serdang Terima Rp300 Ribu Selama Setahun

Juara 1 MTQ Tingkat Deli Serdang Terima Rp300 Ribu Selama Setahun
Peserta MTQ Kabupaten Deli Serdang (Analisadaily/Amirul Khair)

Analisadaily.com, Batang Kuis - Perhelatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-54 tingkat Kabupaten Deli Serdang di Kecamtan Batang Kuis merumuskan kebijakan menggembirakan bagi para juara 1 dalam setiap jenis cabang yang diperlombakan.

Hal itu dikatakan Kepala Bagian (Kabag) Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah Kabupaten Deli Serdang, Mukti Ali Harahap, pada pembukaan MTQ ke-54 tingkat Deli Serdang di Pondok Pesantren Mawaridussalam, Senin (22/2).

Kebijakan tersebut mengapresiasi setiap juara 1 semua cabang lomba MTQ ke-54 tahun 2021. Tidak saja mendapatkan hadiah karena prestasinya, tetapi juga akan menerima insentif senilai Rp300 ribu setiap bulan selama setahun ke depan.

“Sesuai arahan bapak bupati, seluruh juara 1 akan mendapatkan insentif sebesar Rp.300 ribu per bulan selama satu tahun berjalan,” kata Mukti Ali.

Selain itu kebijakan baru juga ditetapkan sebagai bentuk perhatian yang sama terhadap juara 1 semua cabang perlombaan dengan membagi rata hadiah dari pihak sponsor yang tahun-tahun sebelumnya hanya diberikan kepada 6 pemenang dalam bentuk umrah.

“Tahun sebelumnya, hadiah bonus berupa ibadah umrah hanya diberikan kepada 6 pemenang. Maka tahun ini biaya umroh dari pihak sponsor tersebut akan dibagi rata kepada semua juara 1 dengan maksud agar para pemenang pertama mendapat perhatian yang sama,” terang Mukti.

Mukti juga memaparkan inovasi terbaru yang dilakukan sebagai bentuk perbaikan dalam sistem pelaksanaan MTQ ke-54 dari tahun sebelumnya. Inovasi tersebut dengan menerapkan pendaftaran secara online sehingga lebih efisien dan efekif dan tidak menimbulkan kerumunan terlebih dalam situasi pandemi Covid-19.

“Kita sudah menerapkan pendaftaran secara online melalui e-MTQ. Jadi pendaftaran sudah dilakukan secara online,” paparnya.

Secara keseluruhan proses pendaftran secara online pada MTQ ke-54 tingkat Kabupaten Deli Serdang berjalan lancar. Dan dari sistem tersebut, terdaftar peserta sebanyak 680 orang dan semuanya merupakan masyarakat Kabupaten Deli Serdang.

"Kami berharap dengan langkah-langkah perbaikan yang terus dilakukan semakin menambah kecintaan kita terhadap Alquran dan kiranya Allah SWT melimpahkan rahmat, berkah-Nya kepada masyarakat dan daerah Deli Serdang," tandas Mukti.

Penyelenggaraan MTQ ke-54 tingkat Kabupaten Deli Serdang dibuka Bupati Ashari Tambunan didampingi Wakil Bupati M Ali Yusuf Siregar dan Forkompinda serta ketua sejumlah ormas dan para pejabat OPD ditandai penabuhan beduk.

Pembukaan MTQ ke-54 Deli Serdang dilaksanakan secara sederhana dan undangan terbatas karena menerapkan protokol kesehatan sejalan dengan masih belum berakhirnya pandemi Covid-19.

(AK/EAL)

Baca Juga

Rekomendasi