Gunung Sinabung Erupsi, Ketinggian Abu 2.000 Meter

Gunung Sinabung Erupsi, Ketinggian Abu 2.000 Meter
Gunung Sinabung tampak mengeluarkan abu vulkanik, Kamis (6/5). (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Karo - Gunung Sinabung kembali erupsi dengan tinggi kolom abu mencapai kurang lebih 2000 meter atau 4.460 diatas permukaan laut, Kamis (6/5).

Petugas Pos Pemantau Gunung Api Sinabung Armen Putra mengatakan, erupsi terjadi sekitar pukul 11.19 WIB. Di mana, kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah timur.

"Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 66 mm dan durasi kurang lebih 5 menit 19 detik," ujar Armen.

Untuk diketahui bahwa saat ini Gunung Sinabung berada pada status level III (Siaga).

Untuk masyarakat dan pengunjung atau wisatawan agar tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi, serta lokasi di dalam radius radial 3 km dari puncak Gunung Sinabung, serta radius sektoral 5 km untuk sektor selatan-timur, dan 4 km untuk sektor timur-utara.

Jika terjadi hujan abu, masyarakat diimbau memakai masker bila keluar rumah untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik. Mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang lebat agar tidak roboh.

Selain itu, masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung agar tetap waspada terhadap bahaya lahar

(JW/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi