147 Warga Terinfeksi Corona dari Pesta

147 Warga Terinfeksi Corona dari Pesta
Ilustrasi (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Tapanuli Utara - Sebanyak 147 warga Dusun Hutagurgur, Desa Aek Tangga, Kecamatan Garoga, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatra Utara dinyatakan positif terinfeksi Covid-19. Akibatnya, desa itu ditutup sementara untuk mecegah penyebaran virus.

Bupati Tapanuli Utara, Nikson Nababan mengatakan, dari informasi yang diterimanya, penularan virus itu diakibatkan salah seorang warga yang menghadiri pesta di sana positif Covid-19.

“Iya, jadi ada pesta di sana, kemudian ada yang positif, terus kita lacak. Kita disiplin melakukan tracing nya. Secara menyeluruh. Ini membuat agak tinggi kasusnya. Saya sampaikan kepala Puskesmas, Kadis Kesehatan, dan Satgas, kalau ada yang positif harus dilakukan tracing semua,” kata Nikson, Senin (24/5).

Tak menunggu lama, Nikson langsung mengambil kebijakan lockdown untuk menekan angka Covid-19 di Desa tersebut.

“Jadi kita lockdown desa itu, tidak bisa masuk dan tidak bisa keluar. Untuk kebutuhan pokoknya tetap kita suplai. Termasuk kebutuhan medisnya,” tegas Nikson.

Lockdown juga akan dilakukan hingga 28 Mei 2021 nanti. Namun, kata Nikson, jika masih ada yang belum sembuh, harus tetap menjalani isolasi mandiri.

“Mereka itu orang tanpa gejala (OTG). Tapi kalau belum sembuh semua tetap kita tutup. Nanti 14 hari kita swab lagi, yang tidak sembuh tetap isolasi mandiri,” ujarnya.

Menurut Data yang terangkum, orang yang terpapar Covid-19 termasuk anak-anak dan orang dewasa. Rinciannya antara lain 2 orang anak berusia 1-5 tahun, 22 orang anak usia 6-12 tahun, 19 orang remaja usia 13-18 tahun, 68 orang usia 19-40, 18 orang usia 41-59, dan 18 orang berusia lebih dari 60 tahun.

Dari jumlah itu, sekitar 66 orang dinyatakan sudah negatif setelah menjalani tes usap.

Di Tapanuli Utara sudah 1570 kasus yang ditemukan sejak awal pandemi Covid-19 menurut data per Jumat 21 Mei 2021 dari laman resmi covid19.taputkab.go.id. Sebanyak 1.105 orang dinyatakan sembuh.

Sementara itu, 441 orang masih dirawat dan 24 orang meninggal dunia.

(JW/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi