Apel Kesiapan, Pemkab Asahan Tambah Tenaga Vaksinator dari Polres

Apel Kesiapan, Pemkab Asahan Tambah Tenaga Vaksinator dari Polres
Apel Kesiapan (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Kisaran - Bupati Asahan, Surya, memimpin apel kesiapan vaksinator tambahan Polres Asahan yang dilaksanakan di halaman Mapolres Asahan dengan menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19, Sabtu (10/7).

Dalam apel tersebut Bupati Asahan, Surya mengatakan, kegiatan ini untuk mempercepat vaksinasi dan penambahan vaksinator guna percepatan pelaksanaan vaksinasi kepada masyarakat Kabupaten Asahan.

"Untuk itu mari kita sama-sama mengajak dan menjadi pelopor kegiatan vaksinasi massal sampai tingkat kelompok masyarakat yang terpencil di daerah Kabupaten Asahan, tapi harus mengutamakan Prokes Covid-19 yang sudah ditetapkan pemerintah," ujar Surya.

Dia juga mengatakan, untuk menekan dan mengatasi pandemi Covid-19 dengan segala dampaknya, seluruh komponen masyarakat yang ada di Kabupaten Asahan harus bahu-membahu menerapkan secara disiplin ketat dan menjalankan protokol kesehatan dimanapun dan kapanpun.

"Kita harus menekankan kepada masyarakat harus melaksanakan 5M, yaitu memakai masker, mencuci tangan menggunakan sabun, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas di luar rumah," kata Surya.

Pada saat pemberian vaksinasi Covid-19 yang akan dilaksanakan sepanjang tahun ini tentunya membutuhkan tenaga kesehatan dengan kemampuan sebagai vaksinator.

Saat ini data Dinas Kesehatan telah menyiagakan vaksinator sebanyak 496 orang namun ini masih belum cukup mengingat jumlah penduduk Kabupaten Asahan sebanyak 789.056 jiwa.

"Kita sangat perlu penambahan petugas vaksinator di wilayah kabupaten Asahan, vaksinator dan tracer Polri dan TNI disediakan dalam rangka membantu tugas tenaga kesehatan, khususnya pemberian vaksinasi terhadap anggota Polri dan TNI maupun kepada masyarakat umum serta berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan setempat dalam upaya tracing sebagai langkah deteksi dini dalam mengantisipasi penyebaran Covid-19," ujarnya.

Dia berharap kepada seluruh tenaga vaksinator dan tracer Covid-19 yang telah diberikan pelatihan, akan menjadi tenaga Polri yang cakap dan profesional dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Indonesia. "Dalam pelaksanaan kegiatannya, saya tekankan mari sama-sama senantiasa bersinergi dengan seluruh elemen masyarakat dan kita dukung kegiatan vaksinasi massal yang dilakukan oleh pemerintah, TNI dan Polri agar tercapainya pemulihan ekonomi dan kesehatan masyarakat," ujarnya.

Hadir pada apel tersebut Wakil Bupati Asahan, Taufik Zainal Abidin, Ketua DPRD Kabupaten Asahan, Baharuddin Harahap, Wakapolres Asahan, Kompol Sri Juliani Siregar dan Forkopimda Asahan serta seluruh vaksinator tambahan.

(ARI/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi