Petugas Gugus Tugas Asahan Tertibkan Penggunaan Masker

Petugas Gugus Tugas Asahan Tertibkan Penggunaan Masker
Seorang petugas membenarkan cara pemakaian masker masyarakat (Analisadaily/Arifin)

Analisadaily.com, Kisaran - Petugas Satuan Gugus Tugas Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan yang terdiri dari Satpol PP, TNI dan Polri menertibkan penggunaan masker di sejumlah warung kopi, cafe dan tempat berkumpul yang ada di Kota Kisaran, Sabtu (17/7) malam.

Kapala Bidang (Kabid) Ketertiban Umum (Trantibum) Satpol PP Asahan, Siti Rosmita Hasibuan, mengimbau setiap masyarakat yang beraktivitas di luar rumah harus menggunakan masker secara benar.

"Penggunaan masker ini sangat penting dilakukan saat beraktivitas di luar rumah demi menjaga keselamatan diri kita sendiri agar tidak terinfeksi Covid-19," ungkap Siti Rosmita Hasibuan yang akrab dipanggil Mak Iros.

Di dalam cafe dia juga mengimbau kepada masyarakat dan pemilik cafe agar selalu mematuhi protokol kesehatan (prokes) yang sudah ditetapkan pemerintah seperti memakai masker, mencuci tangan menggunakan sabun, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas.

"Mohon prokes Covid-19 yang sudah ditetapkan untuk dipatuhi agar kita terhindar dari wabah virus corona yang sedang melanda dunia," ujar Mak Iros.

Dia juga berpesan kepada pemilik warkop atau cafe agar menerapkan protokol kesehatan terhadap pelanggan yang ingin nongkrong di warkopnya.

"Saat ini kami tidak melarang warkop untuk buka asalkan warkop tersebut dapat menetapkan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan pemerintah demi keselamatan kita semua," tegas Mak Iros.

Dalam penertiban itu, petugas juga memberikan masker kepada warga yang tidak memakai masker di dalam lokasi tersebut.

"Kami juga memberikan masker kepada warga yang tidak memakai masker, ini kami lakukan agar masyarakat paham kalau memakai masker ini atau mematuhi prokes sangat penting dilakukan demi kita bersama," ujarnya.

Kehadiran petugas yang dipimpin Kabid Trantibum mendapatkan simpatik dari masyarakat. Para pelanggan yang minum di warkop mendengar arahanya, begitu juga pemilik warkop.

"Kami mengapresiasi gugus tugas Pemkab Asahan yang selalu melakukan kegiatan seperti himbauan tentang prokes dan bahayanya virus corona yang saat ini menjadi tugas kita bersama untuk menekan penyebaran virus," kata pemilik warkop, Arif Harahap.

(ARI/EAL)

Baca Juga

Rekomendasi