Program Bank Sampah Sejalan dengan Pencanangan Desa Wisata Agro

Program Bank Sampah Sejalan dengan Pencanangan Desa Wisata Agro
Bupati Tapanuli Selatan, Dolly Pasaribu (empat dari kanan) bersama warga di Bank Sampah Desa Huta Ginjang, Angkola Timur. (Analisadaily/Hairul Iman Hasibuan)

Analisadaily.com, Angkola Timur - Bupati Tapanuli Selatan, Dolly Putra Parlindungan Pasaribu, meninjau Bank Sampah di Huta Ginjang, Kecamatan Angkola Timur, Selasa (27/7).

Dolly mengatakan, peninjauan ini dalam rangka menyemangati warga agar aktif menjaga kebersihan lingkungan.

Ia berharap, ke depan aktivitas mengumpulkan sampah di Bank Sampah dapat menjadi kebiasaan masyarakat.

"Paling tidak setiap Selasa, masyarakat sudah mencatat di kalender sudah waktunya menambah saldo di Bank Sampah ini," kata Dolly.

Di sisi lain, ia optimis jika virus Corona berakhir, Desa Huta Ginjang akan ramai dikunjungi wisatawan dalam maupun luar daerah.

"Jika Desa Agro Wisata Huta Ginjang ini kotor, bayangkan betapa cepatnya kabar itu sampai ke mana-mana. Sehingga malah berbalik, bukan wisatawan yang datang, tapi cibiran yang diterima," ujarnya.

Camat Angkola Timur, Ricky Hadamean Siregar mengatakan, program Bank Sampah di Desa Huta Ginjang sejalan dengan pencanangan desa wisata agro di kawasan itu.

"Sampah rumah tangga yang dulu dianggap tak berguna sekarang di Bank Sampah. Baik itu pecahan kaca, kaleng susu, hingga bekas bungkus rokok, juga laku. Tentunya ini dapat membantu perekonomian waga," tuturnya.

(HIH/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi